Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Pejabat Eselon 2 di Padangpariaman mulai “Disegarkan”

Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang saat melantik pejabat eselon 2 di Padangpariaman, Rabu sore (2/2). (Foto: Diskominfo Padangpariaman)
731 pembaca

Padangpariaman | Datiak.com – Pejabat eselon 2 di Padangpariaman mulai “disegarkan” (mutasi, rotasi, dan promosi jabatan). Penyesuaian posisi (job fit) dialami 6 orang pejabat, Rabu sore (2/2). Yakni Zainil, Armeyn Rangkuti, Netty Warni, Hendri Satria, Erman, dan Khairul Nizam.

Zainil yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perikanan, dipromosikan sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan. Sedangkan jabatannya yang lama diisi oleh Khairul Nizam, yang sebelumnya menjabat Sekretaris DPRD (Sekwan) Padangpariaman.

Lalu, Netty Warni yang sebelumnya menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan yang sebelumnya, dipercaya mengisi kursi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, yang ditinggalkan oleh kadis sebelumnya karena tersandung kasus dugaan korupsi.

Pejabat eselon 2 di Padangpariaman lainya yang masuk job fit, yaitu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Armeyn Rangkuti. Ia dipromosikan sebagai Sekwan Padangpariaman. Selain itu, posisi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Erman, dirotasi dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Hendri Satria.

Dari hasil penyegaran tersebut, terdapat 2 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Padangpariaman kosong pejabat definitif. Yakni Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A), dan Kepala BKPSDM.

DinsosP3A kosong lantaran pejabat definitifnya Syafriwal, memutuskan pensiun lantaran kondisi kesehatannya. Sementara itu, Kepala BKPSDM definitif kosong, setelah Armeyn Rangkuti diangkat sebagai sekwan.

Sekdakab Padangpariaman, Rudy Repenaldi Rilis, yang dikonfirmasi soal OPD yang belum diisi pejabat definitif tersebut, menjelaskan bahwa proses job fit kemungkinan masih akan dilakukan nantinya. Sebab, masih terdapat sejumlah jabatan eselon 2 yang sedang berproses.

“Proses yang dimaksud yaitu ada mempersyaratkan di kementerian teknisnya masing-masing. Jadi ini yang belum dilakukan (untuk mengisi 2 kursi pejabat eselon 2 di Padangpariaman yang masih kosong pejabat definitif, Red,” ungkap Rudy.

“Jika job fit sudah selesai keseluruhan, lanjutnya, terkait jabatan-jabatan yang kosong pejabat definitif, itulah mungkin nanti yang akan dilelang,” imbuhnya

Katanya, job fit hingga lelang jabatan itu memang ditarget rampung dalam tahun ini. Sebab, sekarang akan memasuki tahun kedua Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, memimpin. Jadi, bupati ingin seluruh kepala OPD sudah sesuai bidangnya dan berdasarkan hasil uji kompetensi.

“Selain itu, awal tahun adalah waktu yang baik untuk melakukan rotasi ataupun mutasi, karena kegiatan masih dalam proses perencanaan. Sehingga, pejabat eselon 2 di Padangpariaman yang baru itu langsung yang merencakan kegiatan atau program yang akan dijalankan,” tukasnya. (da.)

Baca berita Padangpariaman hari ini di Datiak.com.