Pastikan Bantuan Warga Terdampak Corona Tepat Sasaran

  • Bagikan
Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias saat memeriksa data warga yang akan menerima bantuan terdampak corona. (Foto: Istimewa)

Bukittinggi – Penyaluran bantuan untuk warga terdampak pandemi covid-19 atau virus corona, harus benar-benar diawasi pelaksanaannya. Sehingga, penyaluran bantuan itu dapat dipastikan tepat sasaran.

Hal itulah yang dilakukan Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias. Ia secara mendadak mendatangi sejumlah kelurahan, untuk melihat warga penerima bantuan tersebut.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Bukittinggi kini sudah memasuki tahap kedua pendataan warga terdampak virus corona di sana. Jadi, Ramlan ingin pendataan tersebut berjalan lancar, serta tak ada warganya yang dirugikan.

Dalam pelaksanaan inspeksi mendadak (sidak) Jumat (17/4), Ramlan mengunjung Kelurahan Bukit Apit, Puhun Tembok, Campago Ipuah, Bukit Cangang Kayu Ramang, dan Kayu Kubu.

Di beberapa kelurahan itu, Ramlan selalu memperingatkan tim pendataan agar benar-benar adil dalam mendata masyarakat. Artinya, warga yang didata harus sesuai kriteria yang ditetapkan.

“Jangan sampai ada warga Bukittinggi yang terdampak covid-19 tidak terdatang. Sementara mereka layak mendapat bantuan. Saya tidak ingin ada warga Bukittinggi yang terdampak pandemi ini, tidak makan dan menangis,” tegas Ramlan.

Untuk itu, Ramlan sangat berharap kepada para tim pendataan melakukan validasi data dengan benar. Sebab data yang mereka ambil penentu penerima bantuan yang akan disalurkan di tahap kedua ini.

“Kita akan mengupayakan bantuan ini dapat disalurkan jelang bulan Ramadhan,” janjinya.

Dalam kesempatan itu, Ramlan kembali mengingatkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker di dalam ataupun luar rumah. Selain itu, ia meminta warganya tidak keluar rumah apabila tidak ada hal yang sangat penting.

“Selalu jaga jarak dari keramaian, jaga kebersihan, dan rutin mencuci tangan menggunakan sabun. Ini penting untuk kita memutus mata rantai penyebaran covid-19,” pungkasnya. (da.)

  • Bagikan