Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Pasien Covid-19 di Padang, per Harinya Sembuh 400 Orang

  • Bagikan
pasien Covid-19 di Padang yang sembuh makin banyak
Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan bahwa angka kasus positif Covid-19 di Padang sudah menurun. Tren baik juga tampak dari tingginya jumlah pasien Covid-19 di Padang yang sembuh beberapa hari belakang. (Foto: Humas Pemko Padang)

Padang | Datiak.com – Kasus Covid-19 di Kota Padang mulai membawa kabar menggembirakan. Sebab, pasien Covid-19 di Padang sudah makin banyak yang sembuh setiap harinya. Di sisi lain, angka terkonfirmasi positif menurun dikisaran 200 hingga 300 kasus.

Padahal, sebelumnya rata-rata kasus positif Covid-19 di Padang mencapai 400 kasus per hari. Hal itu disampaikan Wali Kota Padang, Hendri Septa, saat mendampingi Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin melakukan peninjauan kondisi tempat karantina Rumah Nelayan di Lubuk Buaya, Selasa (10/8/2021).

Dalam peninjauan tersebut, Pangdam I/Bukit Barisan mendoakan dan memberikan motivasi kepada pasien positif Covid-19 yang dikarantina di sana. Sehingga, mereka tetap semangat dalam menjalani masa karantina tersebut. Selain itu, Mayjen TNI Hassanudin juga memberikan bantuan paket sembako.

“Alhamdulillah, beberapa hari terakhir ini, berdasarkan informasi yang saya terima dari Kepala Dinas Kesehatan Padang, angka kasus positif Covid-19 di Kota Padang sudah turun. Yang terpapar sudah tidak banyak,” ujar Hendri Septa.

BACA JUGA:  Ruang UGD RSUD Tuapejat Direkomendasikan untuk Tidak Dipakai

“Kabar baiknya lagi, angka pasien Covid-19 di Padang yang dinyatakan sembuh juga terus meningkat. Bahkan sudah mencapai sekitar 400 orang setiap harinya,” imbuh politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Banyak Pasien Covid-19 di Padang Sembuh, Berharap PPKM tak Diperpanjang

Menurut Hendri, kondisi ini terjadi lantaran efek positif dari penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Baik itu PPKM Skala Mikro, PPKM Darurat, maupun PPKM Level 4 yang akan berlangsung hingga 23 Agustus mendatang.

“Seminggu ke depan kalau begini terus, insya Allah kita bisa turun dari PPKM Level 4. Kita harapkan gitu. Ke depan kita tidak hanya memikirkan, tapi bagaimana selanjutnya,” kata Hendri.

Dia menyebut, pihaknya ke depan akan berupaya mencarikan formula terbaik agar kasus positif Covid-19 di Kota Padang terus terkendali. Selain itu mendoakan semakin banyak pasien Covid-19 di Padang yang sembuh. “Di sisi lain, kegiatan ekonomi bisa kembali berjalan, sehingga perekonomian Kota Padang bisa menggeliat,” hematnya.

BACA JUGA:  Ini Daerah Asal 27 Pasien Positif Corona di Sumbar

Sebab, ia menilai bahwa Covid-19 berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat. Para pelaku usaha sangat terpukul akibat diberlakukannya PPKM. “Harapan saya, PPKM tidak lagi diperpanjang karena melumpuhkan ekonomi masyarakat,” ujar Hendri.

Untuk itu, Hendri Septa berharap masyarakat dapat melaksanakan protokol kesehatan. Yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan lainnya. “Kita masih berada dalam pandemi Covid-19. Untuk itu, kami mengimbau jangan lupa jalankan prokesnya,” imbau Hendri Septa.

Ia menambahkan, Pemko Padang akan duduk bersama dengan para pelaku usaha dari perwakilan PKL, kuliner restoran, kafe dan lainnya, akan mengupayakan memberikan keringanan.

“Artinya meskipun dengan kondisi PPKM Level 4 ini, kita akan mencoba berembuk bersama Forkopimda dan para stakeholders, bagaimana seandainya kita izinkan berusaha dengan waktu yang mereka minta, tapi di sisi lain mereka harus menjaga prokes agar tidak terjadi penyebaran,” jelas Wako.

Jadi, di samping tetap fokus dalam penanganan Covid-19, Pemko Padang juga selalu memperhatikan masyarakat yang terdampak secara ekonomi dengan mencarikan jalan untuk bagaimana mereka bisa berusaha dengan baik. “Kita ingin bagaimana ekonomi ini berjalan, di sisi lain penyebaran Covid-19 dapat kita kendalikan,” sebut wako.

BACA JUGA:  Cegah Covid-19 di Mentawai, Zona Hijau Sudah Dekat

Sementara itu, berdasarkan data resmi di website Dinas Kesehatan Kota Padang, angka kasus positif Covid-19 di Kota Padang pada Sabtu (7/8/2021) sebanyak 281 kasus, dan pasien Covid-19 di Padang yang sembuh sebanyak 422 orang. Lalu, Minggu (8/8/2021), tercatat 332 kasus dan pasien sembuh 401 orang.

Sedangkan pada Senin (9/8/2021) kasus positif hanya 106 kasus dan pasien sembuh 204 orang. Dan Selasa (10/8/2021), hanya 216 kasus dan 401 orang pasien Covid-19 di Padang dinyatakan sembuh. Total kasus yang masih aktif per Selasa (10/8/2021) 4.258 kasus. Terdiri dari 2.702 bergejala dan 1.556 kasus tanpa gejala. (da.)


Temukan berita Padang hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan