Iklan Melayang
Iklan Melayang

Pasar Ikan di Padangpariaman Butuh Pembenahan

  • Bagikan
Suhatri Bur menyerahkan cenderamata kepada Sakti Wahyu Trenggono. Ia menyampaikan ragam usulan kepada Menteri KPP. Salah satunya menyangkut pembangunan pasar ikan di Padangpariaman.
Foto: Humas Pemkab Padangpariaman
banner 468x60

Jakarta | Datiak.com – Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengusulkan pembangunan pasar ikan di Padangpariaman. Hal itu disampaikannya saat mengadakan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), di Jakarta, Selasa (13/4).

Suhatri Bur mengunjungi Kementerian KPP bersama delapan kepala daerah lainnya di Sumbar. Kedatangan mereka langsung disambut Menteri KPP, Sakti Wahyu Trenggono. Dalam pertemuan itu, Suhatri Bur mengusulkan pembangunan pasar ikan higienis dan steril untuk dikonsumsi masyarakat.

banner 336x280

Ia menjelaskan kepada Menteri KPP, bahwa ada beberapa pasar ikan di Padangpariaman yang dapat memenuhi standar pasar higienis tersebut. Di antaranya pasar di Gasan, Simpang Barebeh Sungailimau, dan di Katapiang.

Coolbox atau pendingin ikan salah satu kebutuhan nelayan kita. Begitupun bagi para pedagang pasar ikan. Jadi, ikan yang ditangkap hingga dijual tetap segar,” hemat Suhatri Bur.

Selain pasar ikan di Padangpariaman, lanjut Suhatri Bur, kapal viber serta mesin dan alat tangkap juga sangat dibutuhkan nelayan di Padangpariaman. Sebab, sampai sekarang nelayan di sana masih menggunakan kapal kayu untuk kendaraan memancingnya.

“Dominan kapal kayu yang digunakan nelayan kita sudah mulai lapuk. Kita juga membutuhkan dukungan sarana dan prasarana pengolahan ikan. Misalnya oven untuk pengasapan lele,” ungkapnya.

Tidak saja potensi pengembangan pasar ikan di Padangpariaman, Suhatri Bur juga mengungkapkan potensi Desa/Nagari Budidaya  Ikan di Padangpariaman. Yakni Nagari Lubukpandan, Kecamatan 2×11 Enamlingkung untuk budidaya Gurami, lalu Nagari Air Tajun, Kecamatan Lubuk Alung untuk budidaya Lele.

Respon Menteri KPP

Menyikapi itu, Menteri KPP Sakti Wahyu Trenggono mengatakan bahwa pihak siap memberikan dukungan. Salah satunya dengan melakukan kajian menarik investor di sektor kelautan dan perikanan datang ke Ranah Minang. Salah satunya untuk membangun pasar ikan di Padangpariaman seperti yang diusulkan Suhatri Bur.

“Membangun cold storage juga bisa menjadi opsi dalam mengelola potensi kelautan dan perikanan di Sumbar,” hemat Sakti.

Menurut Sakti, potensi laut dan perikanan Sumatera Barat sangatlah besar. Tinggal bagaimana menggarapnya secara optimal untuk pertumbuhan ekonomi. “Jika kita berhasil datangkan investor, tentu banyak manfaatnya. Salah satunya untuk kesejahteraan nelayan kita,” cermatnya.

Menyangkut usulan bantuan saranan penangakapan dan budidaya ikan, Sakti menjanjikan bahwa pihaknya akan mencarikan yang terbaik untuk Sumatera Barat. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan