Pasangan Suhatri Bur-Rahmang Sah jadi Pemenang

  • Bagikan
Pasangan Suhatri Bur-Rahmang menerima dokumen hasil plano penetapan pasangan calon pemenang Pilkada 2020, dari Ketua KPU Padangpariaman, Zulnaidi. (Foto: Istimewa)

Padangpariaman | Datiak – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Padangpariaman peraih suara terbanyak, Suhatri Bur-Rahmang, ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Serantak 2020. Kemenangan pasangan Suhatri Bur-Rahmang ditetapkan dalam rapat plano yang digelar KPU Padangpariaman, di Hall Kantor Bupati Padangpariaman, kemarin (18/2).

Sidang plano penetapan itu tampak dihadiri Suhatri Bur-Rahmang beserta sejumlah pendukungnya. Namun, untuk mencegah terjadinya kerumunan, dilakukan pembatasan peserta yang masuk ke dalam Hall Kantor Bupati Padangpariaman. Sehingga, tidak terjadi pelangharan protokol kesehatan.

“Usai penetapan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih, berarti tahapan Pilkada di Padangpariaman sudah selesai,” ujar Ketua KPU Padangpariaman usai rapat plano tersebut.

Selanjutnya, imbuh Zulnaidi, hasil plano akan diserahkan kepada pasangan terpilih untuk proses lebih lanjutnya. “Untuk penetapan pelantiknnya itu sudah ranahnya Kementerian Dalam Negeri,” pungkas Zulnaidi yang didampingi seluruh komisioner KPU Padangpariaman.

Informasi yang dikumpulkan Datiak.com, hasil penetapan bupati dan wabup Padangpariaman terpilih itu, bakal menjalani sidang paripurna di DPRD Padangpariaman terlebih dahulu. Keputusan paripurna itu nantinya dikirimkan ke Pemprov Sumbar beserta dokumen hasil penetapan plano KPU.

Ketua DPRD Padangpariaman, Arwinsyah mengatakan, agenda yang diperolehnya, paripurna hasil plano KPU Padangpariaman tentang penetapan pasangan bupati dan wabup pemenang Pilkada Padangpariaman, dijadwalkan Sabtu (20/2).

“Rencana, besok (hari ini) kita rapat Bamus (Badan Musyawarah). Kalau bisa Sabtu (besok) paripurna,” ujar Arwinsyah ketika dikonfirmasi via WhatsApp pribadinya, tadi malam.

Informasi lainnya yang dikumpulkan Datiak.com, apabila proses administrasi dokumen penetapan Suhatri Bur-Rahmang sebagai pemenang rampung hingga ke tingkat Kemendagri pertengahan pekan depan, maka pelantikan pasangan berjulukan Surau itu diperkirakan berlangsung antara tanggal 26 Februari 2021. Artinya, Suhatri Bur-Rahmang masuk dalam gelombang pertama pelantikan pasangan kepala daerah terpilih di Sumbar. (da.)

  • Bagikan