Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Pangkalan Elpiji dan Minyak Tanah di Pasar Usang Terbakar, Api Setinggi Tower

Api tampak membubung tinggi karena kebakaran salah satu pangkalan elpiji dan minyak tanah di Pasar Usang, Nagari Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai, Rabu (18/5) sekitar setengah 6 sore. (Foto: Syahrial/Datiak.com)
1024 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Salah satu pangkalan elpiji dan minyak tanah di Pasar Usang terbakar. Sehingga, api menyala sangatlah tinggi. Kebakaran di Nagari Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai itu, terjadi pada Rabu (18/5) sekitar setengah 6 sore.

Pantauan Datiak.com, kebakaran di Pasar Usang itu memicu kemacetan di Jalan Lintas Padang-Bukittinggi. Sebab, lokasi kebakaran di Kecamatan Batang Anai tidak jauh dari jalan tersebut. Kobaran api sangatlah besar. Bahkan, sempat terdengar yang mengejutkan warga di sana.

Wali Nagari Sungai Buluh, Agusta Alidin, mengatakan bahwa yang terbakar tersebut adalah pangkalan elpiji dan minyak tanah di Pasar Usang. Pihaknya belum tahu apa penyebab kebakaran di Padang Pariaman itu. “Belum tahu apa penyebabnya,” ujar Agusta.

Ia membenarkan bahwa terdengar beberapa kali suara ledakan keras di lokasi kebakaran di Pasar Usang tersebut. Ia menduga itu bunyi tabung elpiji yang terbakar. “Sejauh ini, laporan yang saya dapat dari masyarakat ada sekitar 3 rumah yang terdampak kebakaran pangkalan elpiji dan minyak tanah di Pasar Usang,” katanya.

Sejauh ini, sambungnya, belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. “Sedangkan keluarga yang terdampak musibah ini sebanyak 2 KK. Yakni keluarga buk Is dan pak Bujang. Korban jiwa tidak ada,” tukas Agusta.

Membenarkan, Rian, salah seorang warga di sana, menjelaskan bahwa saat kebakaran terdengar banyak ledakan, di pangkalan elpiji dan minyak tanah di Pasar Usang. “Mungkin memang tabung gasnya yang meledak. Kita juga tidak berani medekat,” ungkapnya.

Rian pun menjelaskan, bubungan api karena kebakaran itu bahkan sangat tinggi. Perkiraannya mencapai ketinggian tower. “Tadi api sempat membubung tinggi, sekitar tinggi menara itu,” kata Rian sambil menunjuk tower provider yang dekat dengan lokasi kebakaran itu.

Sangking besarnya api, imbuh Rian, udara panas api tersebut bisa dirasa sampai radius 200 meter. “Sampai ke kantor Polsek Batang Anai ini saja, panasnya masih berasa,” tukas Rian. (da.)