PAN Bulat Usung Ali Mukhni Maju di Pilgub Sumbar

  • Bagikan
Sekretaris DPW PAN Sumbar, Indra Dt Rajo Lelo. (Foto: Istimewa)

Padang — Partai Amanat Nasional (PAN) sudah bulat mengusung Ketua DPW PAN Sumbar, Ali Mukhni, maju pada pemilihan gubernur (pilgub) Sumbar tahun ini. Bahkan, pasangan Ali Mukhni rencananya dideklarasikan awal Juli nanti.

Kendati demikian, Ali Mukhni belum dipastikan akan menjadi calon gubernur (cagub) atau calon wakil gubernur (cawagub) pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 ini. Hal itu disampaikan Sekretaris DPW PAN Sumbar, Indra Dt Rajo Lelo, saat ditemui di DPRD Sumbar, Rabu (24/6).

Indra menyampaikan, komunikasi masih terus dilakukan pihaknya dengan sejumlah partai politik sampai saat ini. ”Kita punya 10 kuris di DPRD Sumbar. Untuk mengusung pasangan calon, kita kurang tiga kursi. Makanya, kita akan berkoalisi dan terus menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik. Sampai saat ini masih belum ada satu kesepakatan,” katanya.

Kalau dari PAN sendiri, katanya keputusan memang sudah bulat mengusung Ali Mukhni di Pilgub Sumbar. Namun, pihaknya masih bersikap fleksibel. Artinya, Bupati Padangpariaman itu bisa saja maju sebagai cagub atau cawagub. Sebab, dari partainya tak ada keharusan untuk mengusung menjadi cagub.

Dia tak menampik kalau Ali Mukhni disebut-sebut menjadi cawagub dari Ketua Demokrat Sumbar Mulyadi. Kata Indra, hal itu bisa saja terjadi. ”Bisa saja Mulyadi yang cagub, namun tak tertutup pula Ali Mukhni yang cagub juga. Semuanya masih dalam pembicaraan,” katanya.

Meskipun begitu, ada target yang harus dicapai. ”Untuk pengumuman kita targetkan Juli sudah kita umumkan pasangan Ali Mukhni,” katanya.

Optimis Menang

Sedangkan untuk kabupaten/kota, Indra menyatakan PAN optimistis menang di empat daerah dalam pilkada serentak 2020 yang rencananya akan digelar pada 9 Desember 2020. Indra mengatakan keempat daerah itu adalah Kabupaten Padangpariaman, Agam, Sijunjung dan Kabupaten Solok.

Ia menjelaskan, di empat daerah tersebut Ketua DPD PAN langsung turun langsung bertarung dalam pilkada dan sejauh ini koalisi sudah terjalin dengan sejumlah partai. Untuk Kabupaten Padangpariaman, PAN akan mengusung Suhatri Bur. Kemudian untuk Kabupaten Agam ada Andri Warman.

Kemudian untuk Kabupaten Sijunjung, ada Ashelfine. Khusus untuk Kabupaten Solok ada Epyardi Asda. ”Khusus di empat daerah ini kita sudah melakukan survei yang melibatkan pihak luar dan hasilnya memang cukup memuaskan. Kita akan terus bekerja untuk memenangkan Pilkada di empat daerah ini,” katanya.

Sementara itu di sembilan daerah lainnya, DPW PAN terus membuka kesempatan baik kepada kader maupun nonkader yang siap diusung maju dalam Pilkada. (da.)

  • Bagikan