Padangpariaman Mulai Cairkan BLT Nagari Senin Besok

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman saat membaca surat Gubernur Sumbar yang diserahkan Kepala DPMD Sumbar, Syafrizal Ucok (kiri). (Foto: Humas)

Padangpariaman – Setelah merampungkan penyaluran sembako dan sejumlah bantuan langsung tunai (BLT), Pemerintah Kabupaten Padangpariaman kini mempersiapkan pencairan BLT di tingkat nagari. Rencananya, bantuan barupa uang kes itu diserahkan kepada masyarakat terdampak pandemi covid-19 (virus corona baru) di Padangpariaman, mulai Senin (3/5).

Penyaluran BLT tersebut dilaksanakan berdasarkan instruksi Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, kepada bupati/wali kota se-Sumbar, yang disampaikan melalui Surat Nomor: 412.25/262/DPMD-2020 tertanggal 30 April 2020.

Dalam surat itu, Irwan Prayitno meminta seluruh kepala desa/wali nagari melakukan musyawarah, sehingga BLT bisa disalurkan paling lambat minggu pertama bulan Mei ini. Bahkan, kepala desa/wali nagari bisa dikenai sanksi peringatan/teguran apabila tidak melaksanakannya.

Penegasan dari Irwan Prayitno itu sebagai antisipasi bermasalahnya perekonomian masyarakat yang terdampak covid-19. Terlebih lagi, Pemerintah Provinsi Sumbar telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak Rabu (22/4).

Surat dari Irwan Prayitno tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal Ucok, kepada Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni, Kamis (30/4).

Setelah membacanya, Ali Mukhni memastikan BLT dari dana desa yang ada di nagari daerah Saiyo Sakato tersebut mulai disalurkan Senin (3/5).

“Untuk tahap pertama kita akan mulai penyaluran di 10 nagari yang datanya sudah terverifikasi di Dinas Sosial P3A,” ujar Ali Mukhni.

Nantinya, imbuh Ali Mukhni, pelaksanaan penyaluran BLT itu akan diawasi secara ketat oleh Pemkab Padangpariaman. Sehingga, penyalurannya tidak tumpang-tindih, seperti adanya penerima BLT ganda.

“Target kita, minggu kedua laporan penyaluran BLT ini sudah kita sampaikan kepada Pemprov Sumbar,” ujar bupati pencetus program Tangkas Aman (Datang Menyelesaikan Masalah Dampak Bencana) di tahun 2018 itu.

Mendukung semangat Ali Mukhni, Syafrizal Ucok turut memastikan bahwa pihaknya akan menurunkan tim monitoring ke daerah nantinya. Sehingga, penyaluran BLT berjalan cepat dan lancar. (da.)

  • Bagikan