Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Operasi Patuh Singgalang 2021 Dimulai, Begini Hindari Tilang

  • Bagikan
Operasi Patuh Singgalang 2021
Hari pertama Operasi Patuh Singgalang yang digelar oleh Polres Kota Padang tahun 2020 lalu. (Foto: Dok. Datiak.com)

Padang | Datiak.com – Operasi Patuh Singgalang 2021 bakal dimulai hari ini (20/9/2021). Pelaksanaannya bakal berlangsung se-Sumatera Barat hingga 3 Oktober 2021 mendatang. Hal itu seperti disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto.

Katanya, Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar beserta jajaran di kabupaten/kota mengelar Operasi Patuh Singgalang 2021 mulai 20 September sampai 3 Oktober 2021. Operasi ditujukan untuk mengarahkan pengendara agar tertib berlalu lintas dan patuhi prokotol kesehatan.

“Operasi Patuh Singgalang dimulai dari hari ini, hingga 14 hari ke depan. Adapun sasaran Operasi Patuh, kerena masih pandemi, jadi lebih kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial,” ujar Kombes Pol Sateke Bayu.

Selain kegaitan sosial, lanjutnya, petugas akan memberikan imbuan-imbauan ke masyarakat terkait protokol kesehatan. “Jadi kegiatannya, lebih sosial. Misalnya pemberian masker dan pemberian sembako,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Sinergisitas TNI dan Pers Harga Mati

Lebih lanjut, Satake menyebutkan Operasi Patuh Singgalang 2021 akan melalukan penindakan atau tilang terhadap pelanggaran yang terlihat secara kasat mata. “Membahayakan pengendara lain. Contohnya, di depan petugas mengebut kendaraan, sehingga bisa membahayan pengendara lainnya. Tapi utamanya adalah pembinaan,” jelas Satake.

Ia menambahkan, operasi ini lebih persuasif dan lebih ke protokol kesehatan. “Kami mengimbau kepada masyarakat terkait dengan Operasi Patuh Singgalang 2021, bila mengendari kendaraan agar tetap melengkapi surat-suratnya serta terapkan protokol kehatan, karena saat ini masih pandemi Covid-19,” tuturnya.

Di sisi lain, ia berharap masyarakat ikut menyukseskan vaksinasi yang sedang digalakkan oleh Polri. “Sumbar masih rendah tingkat vaksinasi, maka di Operasi Patuh Singgalang 2021 ini, kami imbau  masyarakat untuk mau divaksin. Di Polda dan jajaran, kami membuka gerai vaksin,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Revitalisasi Musala Kodim 0319 Mentawai jadi Masjid
Operasi Patuh Singgalang 2021 di Padang

Di sisi lain, Satlantas Polresta Padang salah satu yang akan menggelar Operasi Patuh Singgalang, hari ini (20/9/2021) hingga awal Oktober mendatang. Operasi ini akan menyasar pelanggaran kasat mata. “Kita akan melaksanakan Operasi Patuh selama kurang lebih dua minggu,” Kasat Lantas Polresta Padang kata AKP Alfin, kemarin.

Dengan adanya operasi patuh ini, pengendara roda dua maupun roda empat diharapkan melengkapi aspek keamanan dalam berkendara dan selalu membawa surat-surat dalam berkendara. “Sasaran kita pelanggaran yang
kasat mata pastinya, seperti tidak memakai helm, bonceng tiga, dan knalpot racing,” sebutnya.

Selain itu, lanjut Alfin, pelanggaran karena tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus, menggunakan handphone saat membawa kendaraan, dan melebihi muatan. Bagi yang terjaring dan kedapatan melanggar aturan, akan dikenakan tilang.

BACA JUGA:  Kebakaran SPBU Diduga karena Ada Konsumen Merokok

Untuk itu, pihaknya mengingatkan masyarakat atau pengendara jalan agara melengkapi surat-surat kendaraan dan mematuhi aturan berlalu lintas. “Namun kita akan lebih mengedepankan represif dan preventif. Dalam pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2021 ini, kita juga mengedukasi masyarakat terkait kepatuhan berlalu lintas, kepatuhan prokes, dan percepatan vaksinasi,” ujar Alfin. (da.)


Temukan berita Padang hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan