Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

NU Mengapresiasi Ali Mukhni sebagai Tokoh Pembangunan

  • Bagikan
NU mengapresiasi Ali Mukhni sebagai tokoh pembangunan. Piagam penghargaannya diserahkan saat PC NU Padangpariaman memperingati Harla ke-95 Nahdlatul Ulama. (Foto: Istimewa)

Padangpariaman | Datiak.com – Masa jabatan Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni, bakal berakhir 16 Februari mendatang. Sepuluh tahun memimpin Padangpariaman, sudah sangat banyak perubahan yang dilakukannya. Terlebih dalam pembehanan infrastruktur di Ranah Saiyo Sakato tersebut. Bahkan, NU mengapresiasi Ali Mukhni dengan memberikan piagam tokoh pembangunan.

Piagam itu diserahkan Ketua Tanfiziah PC NU Padangpariaman, Zainal Tuanku Mudo kepada Ali Mukhni, saat peringatan Hari Lahir (Harla) ke-95 NU, di Pondok Pesantren Bustanul Yaqin Lubukalung, kemarin (31/1). Zainal mengatakan bahwa Ali Mukhni dinilai banyak melakukan perubahan besar untuk kemaslahatan umat selama 10 tahun memimpin Padangpariaman.

Untuk itu, imbuhnya, NU mengapresiasi Ali Mukhni sebagai kenang-kenangan jelang akhir masa jabatannya 16 Februari 2021 ini. “Tidak salah apabila beliau (Ali Mukhni, Red) disebut sebagai bapak pembangunannya Padangpariaman. Sebab yang beliau lakukan nampak hasilnya,” hemat Zainal.

BACA JUGA:  Bahan Pangan Berbahaya Ditemukan di Kota Pariaman

Tidak itu saja, menurutnya sebagai kepala daerah Ali Mukhni sudah berhasil membangkitkan semangat masyarakatnya. Dari yang dulunya terpuruk karena dilanda bencana gempa tahun 2009, kembali bergeliat perekonomiannya dalam 5 tahun kepemimpinan Ali Mukhni yang dimulai tahun 2010.

“Beliau (Ali Mukhni) juga sangat dekat dengan NU. Selalu berdiskusi dengan kalangan ulama ataupun tuangku setiap kali hendak menjalankan program pembangunan,” ungkapnya.

Artinya, imbuh Zainal, Ali Mukhni tidak hanya mampu membangun secara fisik, tetapi juga mental dalam daerahnya. Kepeduliannya terhadap ulama dan agama juga patut dijadikan teladan. “Waktu awal mewabahnya Covid-19, beliau juga mengarahkan perhatian untuk seluruh tokoh-tokoh agama kita yang terdampak Covid-19,” ucapnya.

BACA JUGA:  Cegah Covid-19 di Mentawai, Zona Hijau Sudah Dekat

Untuk itu, Zainal berharap Ali Mukhni selalu memberikan perhatian untuk Padangpariaman ke depannya. Terlebih untuk NU yang sudah menggapnya sebagai keluarga. “Semoga apa yang sudah dilakukan beliau selama ini di Padangpariaman, dibalas pahala berlimpah oleh Allah SWT,” pungkas Zainal.

Respons Ali Mukhni

Menyikapi itu, Ali Mukhni sangat berterima kasih kepada keluarga besar NU, terlebih PC NU Padangpariaman. Ia mengaku terharu begitu besarnya perhatian NU terkait perkembangan Padangpariaman.

“Sebenarnya, kemajuan Padangpariaman ini tidak terlepas dari peran NU. Banyak ilmu yang saya dapatkan dari para ulama kita di NU,” ucapnya.

Ali Mukhni mengatakan bahwa dirinya tidak akan pernah berhenti berbakti untuk Padangpariaman. Begitupun untuk selalu berdiskusi bersama tokoh-tokoh NU. “Jabatan itu kan hanya untuk tugas formal. Sedangkan kita berbakti untuk kampung tercinta ini, sampai akhir hayat,” pungkas bupati peraih Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI tersebut. (da.)

  • Bagikan