Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Nikah Gratis di MPP Payakumbuh Terhambat Covid-19

  • Bagikan
nikah gratis di MPP Payakumbuh
Ilustrasi ijab kabul. Di Kota Payakumbuh, nikah gratis di MPP Payakumbuh yang diprogram oleh Kemenag dan Pemko Payakumbuh, saat ini terhambat pandemi Covid-19. (Foto: Istimewa)

Payakumbuh | Datiak.com – Fasilitas nikah gratis di MPP Payakumbuh, tepatnya di lantai 1 Balai Kota Kota Payakumbuh, terkendala akibat pandemi Covid-19. Padahal, sejak MPP diresmikan pada 2019 lalu, sudah 100 pasang pengantin yang melangsungkan akad nikah di Mal Pelayanan Publik (MPP) Payakumbuh tersebut.

Kepala Kantor Kemenag Payakumbuh, Ramzah Husmen dalam keterangan persnya mengatakan, seharusnya nikah gratis di MPP bisa dilaksanakan setiap hari. Namun karena pandemi Covid-19, ada kebijakan membatasi dalam menggelar acara keramaian. Sehingga, nikah gratis dilaksanakan kembali saat kondisi zona sudah benar-benar membaik.

Meski demikian, Ramzah mewakili Kemenag Payakumbuh tetap menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah karena sudah menyediakan fasilitas nikah gratis di MPP Payakumbuh. “Terima kasih Wali Kota Riza Falepi yang telah memfasilitasi MPP yang sangat representatif. Mari kawan-kawan kita optimalkan konter Kemenag di MPP sebagai pusat informasi pelayanan Kemenag yang bisa mengakses pelayanan apa saja dengan lengkap SOP masing-masing pelayanan,” kata Ramzah.

BACA JUGA:  Rumah Tahfiz Yayasan Al Aziz mulai Dibangun 2021 Ini

Ramza juga menyampaikan sinergi antara Pemko Payakumbuh dengan Kemenag telah berjalan lama. Salah satunya dengan adanya program Sini Kakek Seleb (SIap NIkah KArtu KEluarga SELesai diBerikan). Keberadaan MPP dinilai Ramza mendongkrak kerja sama pemko dengan instansi vertikal terkait pelayanan publik, sebagai mitra kerja yang saling mendukung.

“Dengan datang ke konter Kemenag di MPP Kota Payakumbuh, sudah sama nilai info yang diperoleh dengan ke kantor Kemenag di Sawahpadang, 5 kantor KUA, dan madrasah-madrasah se-Kota Payakumbuh. Sebab pelayanannya sama,” terang Ramza didampingi Kasi Bimas Islam Hamdan.

Ramza menambah, Menteri Agama RI sudah meluncurkan revitalisasi KUA. Jadi, pelayanan serba digital, pelayanan mudah, cepat dan transparan. Pelayanan itu mencakup nikah, haji, pendidikan, pondok pesantren, dan lain-lain. “Ini juga akan dioptimalkan dengan keberadaan konter Kemenag di MPP Payakumbuh. Salah satunya meberikan pelayanan nikah gratis di MPP Payakumbuh itu,” terang Ramza.

BACA JUGA:  Lokasi Bekas Tambang di Padangpariaman yang jadi Objek Wisata

Ramza optimis, Kemenag Payakumbuh saat ini ikut mencanangkan Zona Integritas, dari 19 kabupaten/kota. Hanya 3 yang lolos. Yakni Kemenag Payakumbuh, Padangpanjang, dan Pesisir Selatan. “Keberadaan MPP di Balai Kota sangat mendongkrak nilai pelayanan publik kita, kami tentu sangat mengapresiasi apa yang telah dibangun oleh Wali Kota Riza Falepi,” ungkapnya.

Keberdaan Layanan Nikah Gratis di MPP Payakumbuh

Sementara itu, Wali Kota Riza Falepi menyampaikan rasa syukur atas pelayanan di MPP yang kian diminati dan dirasakan masyarakat. Riza menyebut keberadaan MPP yang memiliki banyak layanan publik itu diharapkan dapat memberikan kebahagiaan kepada masyarakat.

“Pelayanan publik itu penting sebagai bukti hadirnya pemerintah kepada masyarakat. Contohnya dengan adanya program nikah gratis di MPP Payakumbuh tersebut. Makanya, kita dukung Kemenag Kota Payakumbuh mewujudkan zona integritas,” ujar Riza Falepi. (da.)


BACA JUGA:  Mahyeldi-Audy Deklarasikan Kemenangan sehari Usai Pemilihan

Temukan berita Payakumbuh terbaru dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan