Iklan Melayang
Iklan Melayang

Nenek Rosmaniar, Makan Daun Agar Tetap Hidup

  • Bagikan
Nenek Rosmainar saat ditemukan warga dan tim pencari di hutan, tampak dalam kondisi lemas. (Foto: Istimewa)
banner 468x60

Kabupaten Solok – Rosmaniar, salah seorang warga Jorong Rumah Panjang, Nagari Aia Luo, Kecamatan Payuang Sakaki, dilaporkan keluarganya hilang di hutan, Kamis (9/4) lalu. Sehingga, warga bersama keluarganya, melakukan nenek berusia 60 tahun itu hingga larut malam di hutan.

Sayangnya, si nenek tidak ditemukan pada hari itu. Keluarga bersama warga pun melaporkan kejadian tersebut ke pihak kecamatan keesokan harinya, yakni Jumat (10/4). Laporan itu langsung diteruskan kecamatan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok.

banner 336x280

Jumat (10/4) siang, pencarian nenek Rosmaniar dilanjurkan. Namun, saat itu warga Jorong Rumah Panjang menelusuri hutan bersama personel Basarnas, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, TNI dan Polri, Camat Payuang Sakaki, serta perangkat nagari.

Malangnya, upaya pencarian di hari kedua tersebut belum juga membuahkan hasil. Malamnya tim gabungan yang menelusuri hutan, mutuskan untuk kembali ke perkampungan. Setelah melakukan evaluasi pencarian, Sabtu (10/4), tim gabungan memutuskan lebih jauh menelusuri hutan untuk menemukan nenek Rosmaniar.

Pencarian yang dilakukan dihari ketiga tersebut berlangsung lebih lama. Namun hingga larut malam, nenek malang itu tidak kunjung ditemukan. Beruntung, kondisi tersebut tidak berlangsung lama. Minggu (12/4) pagi, warga dan tim pencari menemukan nenek Rosmaniar di tengah hutan.

Kondisi nenek Rosmaniar saat ditemukan cukup memprihatikan. Ia tidak bisa manyak menjawab pertanyaan warga dan petugas. Sebab, kondisinya yang masih lemas setelah 3 malam berada di hutan.

Namun, dari informasi yang dihimpun Datiak.com, nenek Rosmaniar menceritakan mula kepada warga, bahwa dirinya tersesat saat hendak pulang dari ladangnya, Kamis (9/4) sore. Sehingga, ia sampai masuk ke dalam hutan. Akhirnya, ia kesulitan mencari jalan pulang.

Untuk tetap bertahan hidup, nenek Rosmaniar mengungkapkan bahwa dirinya terpaksa memakan apapun yang dirasanya aman di dalam hutan tersebut. Salah satunya dedaunan pada pohon. Hal itulah yang membuat dirinya sangat lemas, karena perutnya harus menahan lapar selama tiga hari.

Hilang 6 Km dari Pemukiman

Sebelumnya, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Solok, Khairul mengatakan bahwa Rosmaniar ditemukan di hutan yang jaraknya sekitar 6 kilometer dari kawasan Tanah Badambun, Bukik Kumayan, Jorong Tanah Sirah, Nagari Aie Luo.

“Alhamdulillah, setelah tiga hari pencarian, beliau ditemukan dalam keadaan selamat. Kondisinya memang tampak lemas saat itu. Jadi petugas kita langsung membawa beliau ke pemukiman terdekat dengan lokasi penemuannya itu,” kata Khairul. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan