Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Nelayan dan UMKM di Muara Sikabaluan Diberi Bantuan

  • Bagikan
Nelayan dan UMKM di Muara Sikabaluan Diberi Bantuan 2021
Kepala Desa Muara Sikabaluan, Aprijon Sakerebau, saat menyalurkan bantuan kepada kelompok nelayan. (Foto: FB Aprijon Sakerebau)

Mentawai | Datiak.com – Nelayan dan UMKM di Muara Sikabaluan diberi bantuan oleh Pemerintah Desa Muara Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara. Bantuan yang dialokasikan dari dana desa tersebut, disalurkan kepada kelompok nelayan dan UMK yang tersebar di lima dusun di Muara Sikabaluan.

Kepala Desa Muara Sikabaluan, Aprijon Sakerebau, mengatakan bahwa bantuan yang disalurkan untuk nelayan dan UMKM di Muara Sikabaluan berupa peralatan. Total bantuannya sekitar Rp 11 juta, yang dialokasikan dari dana desa.

“Ada bantuan alat tangkap berupa jaring dan perahu (sampan). Sedangkan untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), bantuan yang disalurkan berupa mesin kukur, mikser, gening besar sagu, pencetak kue sapik dan bumbu kue sapik,” ungkap Aprijon kepada wartawan, kemarin.

Ia berharap, kelompok usaha yang mendapatkan bantuan, lebih aktif dalam mengembangkan usahanya ke depan. Sehingga, usaha mereka terus berkembang di Desa Muara Sikabaluan. Apalagi, wilayah Muara Sikabaluan memiliki potensi pertanian dan hasil laut yang memadai.

BACA JUGA:  Nagari Paritmalintang, Enamlingkung, Padangpariaman

Ia mengakui sejauh ini belum begitu banyak dukungan dari berbagai pihak. Dia berharap, pada masa mendatang ada investor atau pemodal yang siap membantu pelaku-pelaku usaha di Desa Muara Sikabaluan.

“Ada belasan kelompok nelayan di Muara Sikabaluan. Begitu juga halnya dengan kelompok UMKM. Namun, karena situasi pandemi Covid-19, kelompok atau pelaku usaha cukup terkendala dalam pengembangan usahanya tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kepulauan Mentawai, Maru Saerejen, dalam akun media sosialnya mengapresiasi kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Muara Sikabaluan. Yakni dengan memberi bantuan untuk Nelayan dan UMKM di Muara Sikabaluan.

“Salah satu fungsi keberadaan pemerintah di desa, yaitu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di desa,” hemat Maru Saerejen. (da.)


BACA JUGA:  Pendapatan Negara di Sumbar Capai Rp 4,08 Triliun

Temukan berita Mentawai hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan