Kamis, 22 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Nama Bandara Rokot bakal Ditukar, 11 Usulan Mengapung

HIMPUN ASPIRASI: Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet, didampingi Wabup Kortanius Sabelekake, saat rapat terkait perubahan nama Bandara Rokot. (Foto: Sabarial/Datiak.com)
547 pembaca

Mentawai | Datiak.com – Nama Bandara Rokot diusulkan oleh Pemkab Mentawai untuk diubah. Terdapat 4 usulan nama untuk bandara satu-satunya di Bumi Sikerei tersebut. Hal itu disampaikan oleh Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, kemarin.

Ia menjelaskan bahwa perubahan nama Bandara Rokot, merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 39 Tahun 2019, tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional. Dalam aturan itu, perubahan nama bandara bisa karena usulan pemerintah daerah, lembaga non pemerintahan, ataupun usulan masyarakat.

“Nama Bandara Rokot yang baru harus mengandung ciri khas Kepulauan Mentawai. Contohnya kita lihat pada penamaan bandara di Bali, ataupun yang terdekat yaitu Bandara Internasional Minangkabau,” ungkap Yudas.

Setelah dilakukan penghimpunan aspirasi, analisis hingga pembahasan, Yudas tertarik untuk mengusulkan 4 nama baru untuk Bandara Rokot, yang terletak di Kecamatan Sipora Selatan tersebut.

“Nama Bandara Rokot yang kita usulkan yaitu Bandara Sikerei Mentawai (BSM), Bandara Pageta Sabbau Mentawai, Bandara Musara Kasimaeruk Mentawai, dan Bandara Rimata Mentawai (BRM),” ungkap Yudas.

“Dipilihnya keempat nama ini, karena dinilai sesuai untuk mencerminkan filosofi dan budaya Mentawai,” tukas Yudas yang didampingi Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake.

Tidak hanya Yudas, Kortanius Sabeleake juga memiliki 2 usulan nama. Yakni Bandara Pageta Sabbau Mentawai dan Bandara Tarsan Tasirileleu. Lalu, usulan juga datang dari Wabup Mentawai Periode 2011-2016, Rijel Samaloisa.

Rijel menilai pengganti nama Bandara Rokot yang tepat yaitu Bandara Pageta Sabbau atau Bandara Edison Saleleubaja. Sebab, Pageta Sabbau merupakan tokoh bersejarah di Mentawai. Sedangkan Edison Saleleubaja adalah bupati pertama dan tokoh agama di Mentawai.

Selain itu, usulan juga datang dari Rinto Wardana dan Juniator Tulius. Yakni ingin melekatkan nama Bandara Udara Mentawai (BUM) sebagai nama baru Bandara Rokot tersebut. Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan Mentawai, Tohap Nababan, mengusulkan Bandara Mentawai Island (BMI) sebagai pengganti nama Bandara Rokot.

Sementara itu, pihak Kecamatan Sipora Selatan mengusulkan tiga nama baru untuk Bandara Rokot. Yakni Bandar Udara Rokot Bumi Sikerei, Bandar Udara Rokot Mentawai Indonesia, dan Bandar Udara Rokot Tarsan Tasir Bumi Sikerei.

“Usulan-usulan untuk nama Bandara Rokot ini akan akan kita serahkan ke DPRD untuk dilakukan rapat pembahasannya,” tukas Yudas. (da.)


Baca berita Mentawai hari ini di Datiak.com.

Avatar photo