Musrenbang Kecamatan Sipora Utara, Bupati Mentawai Sampaikan Ini

  • Bagikan
Bupati Kabupaten Kepualaun Mentawai, Yudas Sabaggalet, menyampaikan arahan dalam Musrenbang Kecamatan Sipora Utara, Senin (15/2). (Foto: Humas)

Mentawai | Datiak.com – Bupati Kabupaten Kepualaun Mentawai, Yudas Sabaggalet, menyampaikan pesan penting saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Sipora Utara, Senin (15/2). Yakni soal menelaah setiap program yang diusulkan. Sehingga, aspirasi yang terakomodir nantinya benar-benar vital di masyarakat.

Menurut Yudas, musrenbang yang dilaksanakan di tingkat kecamatan ditujukan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Selain itu untuk menentukan skala prioritas program Pemkab Kepulauan Mentawai ke depannya. Baik dari sisi pembangunan infrastruktur ataupun pemberdayaan masyarakat.

“Tahun ini, kita masih menyaring usulan yang benar-benar prioritas dan vital. Sebab anggaran kita sangat terbatas karena kita masih dalam masa penanganan Covid-19,” ungkap Yudas di Aula Kantor Kecamatan Sipora Utara.

Melalui musrenbang, imbuh Yudas, terdapat dua kategori usulan. Yakni menyangkut pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Contohnya dalam Musrenbang Kecamatan Siporan Utara itu, Desa Bukit Pamewa usulannya soal peningkatan jalan, pengembangan ekonomi berintegritas, dan peningkatan pertanian berkualitas.

Lalu di Desa Tuapejat, masyarakat menginginkan ditingkatkannya persawahan. Sedangkan Desa Goisooinan mengusulkan pembangunan jembatan, peningkatan pertanian berbasis teknologi, serta diadakannya kegiatan pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan budi daya ikan.

“Mudah-mudahan tahun depan pandemi ini berakhir, sehingga seluruh usulan dalam musrenbang ini terakomodir oleh anggaran daerah kita,” pungkas Yudas.

Sedangkan Camat Sipora Utara Marsen mengatakan, pada prinsipnya musrenbang menjadi pedoman untuk membangun daerah di tahun selanjutnya. Untuk itu, setiap usulan yang disampaikan dalam musrenbang kecamatan, sudah pasti diterima dan diprioritaskan setiap pembangunan paling vital. “Setiap usulan di kecamatan tentunya bisa diakomodir dengan sinergitas,” hematnya.

Tampak hadir dalam Musrenbang Kecamatan Siporan Utara tersebut sejumlah kepala dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah di Pemkab Kepulauan Mentawai, kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Sipora Utara, kepala dusun serta seumlah tokoh masyarakat. (da.)

  • Bagikan