Rabu, 28 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

MTQ ke-48 Enamlingkung, Harus Lahirkan Qori/Qoriah Terbaik

Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, memberikan sambutan sebelum membuka secara resmi MTQ ke-48 Enamlingkung, Jumat (25/2). (Foto: Diskominfo Padangpariaman)
334 pembaca

Padangpariaman | Datiak.com – Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, membuka secara resmi MTQ ke-48 Tingkat Kecamatan Enamlingkung, Jumat (25/2). Dia berharap MTQ yang digelar di Masjid Dinul Ma’arif, Korong Pasadama, Nagari Parikmalintang itu, melahirkan qori terbaik.

“Saya sangat berharap dewan juri untuk profesional dalam menyeleksi para qori kita di MTQ tingkat kecamatan ini. Sehingga, utusan qori Enamlingkung bisa diandalkan di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional ke depannya,” ungkap Suhatri Bur.

Dia pun mengatakan, di tahun 2021, Enamlingkung masih memiliki qoriah yang bisa diandalkan untuk meraih juara 1. Namun, untuk MQT tingkat provinsi ataupun nasional ke depannya, tentu qori tersebut tidak lagi bisa diterjunkan.

“Makanya, pembinaan kita sangat penting mulai dari tingkat kecamatan ini. Sehingga, lahir qori unggulan kita selanjutnya,” harap bupati yang pernah menjalani pendidikan pesantren tersebut.

Suhatri Bur menjelaskan, bahwa MTQ Tingkat Kabupaten Padangpariaman bakal digelar November 2022 ini. “Rencananya kan MTQ tingkat kabupaten kita gelar Oktober, tetapi masih ada kecamatan yang belum melakukan seleksi, sehingga kita undur satu bulan,” ungkapnya.

Jika kecamatan melahirkan qori-qori lewat seleksi yang profesional, ia optimis Padangpariaman bakal berkibar di ajang MTQ provinsi hingga nasional ke depannya. “Untuk tingkat provinsi itu, kita selalu menyediakan bonus untuk qori. Juara 1 nilainya Rp 30 juta, juara 2 sebanyak Rp 20 juta, dan juara 3 dibenari Rp 10 juta,” bebernya.

“Untuk ofisial juga kita sediakan. Namun nilainya saya lupa. Bisa ditanyakan langsung kepada Kabag Kesra Setdakab Padangpariaman,” imbuh Suhatri Bur.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-48 Enamlingkung, Fajri Yanuar Tk. Kuniang, menjelaskan bahwa MTQ ke-48 Enamlingkung mengusung tema “Melalui MTQ ke-48 Ciptakan Generasi Milenial yang Cinta Al Quran Menuju Enamlingkung sebagai Kecamatan Santri”. MTQ tersebut digelar Jumat-Sabtu (25-26/2).

“Kafilah yang ikut berkompetisi dalam MTQ ke-48 Enamlingkung ini sebanyak 125 orang. Mereka berasal dari 5 nagari yang ada di Enamlingkung. Yakni Nagari Parikmalintang, Pakandangan, Kototinggi, Tobohketek dan Gadua. Masing-masing nagari itu mengutus 25 orang,” katanya.

Pembukaan MTQ ke-48 Enamlingkung tersebut turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Padangpariaman, Yusrita Suhatri Bur, Kepala Bapelitbangda Ali Amran, Kepala BPKD Padangpariaman Taslim, Direktur RSUD Padangpariaman, dr. Jasneli MARS, Kabag Prokopim Anesa Satria, dan Kabag Kesra Azwarman, dan Camat Enamlingkung, Jonriswan.

Selain itu, juga terlihat Kapolres Padangpariaman yang diwakili KBO Satbinmas Polres Padangpariaman Iptu Dasril, Kapolsek 2×11 Enamlingkung, Iptu. Desri Koto, Babinsa Kecamatan Enamlingkung, Kepala KUA Enamlingkung, Heri Yudiansyah, serta Wali Nagari Parikmalintang, Sudirman, yang didampingi sekretaris nagari Satriandi dan para wali korongnya. (da.)


Baca berita Padangpariaman hari ini di Datiak.com.