Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Modus Baru Curanmor di Padang Pariaman dengan Mudah Dapat CBR 150

Tim Opsnal Gagak Hitam Reborn Polres Padang Pariaman yang sudah mengamankan HW dan barang bukti berupa Honda CBR 150, di Mapolres Padang Pariaman. (Foto: Humas Polres Padang Pariaman)
96 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Aksi pelaku curanmor di Padang Pariaman benar-benar berhasil mengelabui korbannya. Sehingga, dengan mudah pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) itu membawa sepedamotor korbannya.

Pelaku curanmor di Padang Pariaman ini berinisial HW. Pria 20 tahun ini, dilaporkan atas pencurian kendaraan milik Nanda Satria, salah seorang warga Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai.

Kasat Reskrim Polres Padang Pariaman, Iptu AA Reggy, menjelaskan awal berlangsungnya aksi curanmor di Padang Pariaman itu.  Tepatnya setelah korban menjual sepeda motornya melalui marketplace. “Sepeda motor milik korban ini jenis Honda CBR 150,” ucap Reggy, kemarin.

Tak lama setelah mengiklankan sepeda motornya di marketplace, Nanda dihubungi oleh HW. Ia mengaku sangat tertarik dan berminat membeli Honda CBR milik Nanda itu. “Nah, dari situ tersangka janjian dengan korban,” kata Reggy.

Singkat cerita, Nanda dan HW pun bersepakat bertemu di rumah Nanda di Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman. Saat itu, HW datang menggunakan ojek online. “Inilah awal tersangka mulai menjalankan aksinya,” sambung Reggy.

Setelah melihat-lihat kondisi sepeda motor dan berbincang untuk meyakinkan korban, HW pun meminta untuk mencoba terlebih dahulu sepeda motor milik korbannya. Untuk lebih meyakinkan korban, HW meninggalkan tasnya yang berisikan uang.

“Namun malang bagi korban, karena pelaku dengan alasan menguji coba, ternyata tidak lagi kembali. Dan tas yang ditinggalkan rupanya berisi uang palsu dalam bentuk pecahan Rp100 ribu sebanyak 150 lembar,” jelas Reggy.

“Modus yang digunakan tersangka ini untuk menggelapkan sepeda motor korban terbilang baru. Yakni dengan memberikan jaminan yang benar-benar meyakinkan korbannya,” tambahnya.

Nanda yang menyadari bahwa dirinya sudah ditipu, langsung melapor ke Polsek Batang Anai. Dari penyelidikan Satreskrim Polres Padang Pariaman, diketahuilah identitas HW dan alamatnya. Ternyata HW bekerja di salah satu tempat usaha air minum isi ulang di Pauh, Kota Padang.

“Tim Opsnal Gagak Hitam Satreskrim Polres Padang Pariaman langsung melakukan undercover di dekat tempat usaha air galon itu. Ternyata, tersangka ini telah pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Pasaman,” imbuh Reggy.

Tidak menunggu lama, Tim Opsnal Gagak Hitam langsung melakukan penyelidikan lanjutan untuk memburu HW. Ia pun teridentifikasi berada di kawasan Simpang Tonang, Jorong Perdamaian, Barilas Hilir, Kabupaten Pasaman.

“Tersangka ini berhasil diamankan beserta barang bukti yaitu sepeda motor Honda CBR milik korban. Saat ditangkap, tersangka mengakui perbuatannya,” tukasnya.

Sekarang, pihaknya masih terus melakukan pendalaman lebih lanjut terkait kasus curanmor di Padang Pariaman tersebut. Bisa saja, tersangka pernah melakukan aksi dengan modus serupa sebelumnya. (*)