Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Mobnas Baru Gubernur Sumbar Dialihkan, yang Lama Dilelang

  • Bagikan
mobnas baru Gubernur Sumbar
Gubernur Sumbar menyerahkan mobnas barunya ke Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar, untuk dijadikan kendaraan operasional Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar. (Foto: Istimewa)

Padang | Datiak.com – Mobnas baru Gubernur Sumbar diserahkan ke Satgas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, di halaman Rumah Dinas Gubernur, di Kota Padang, Kamis (19/8/2021). Artinya, mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar tersebut, resmi menjadi kendaraan operasional Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar.

Dalam keterangan tertulisan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyampaikan permohonan maaf usai penyerahan mobnas tersebut. Ia mengakui keberada mobnas baru Gubernur Sumbar, sudah menjadi perbincangan bahkan keresahaan publik. Begitupun dengan keberaaan mobnas baru milik Wagub Sumbar.

“Assalamualaikum bapak/ibu, ninik-mamak, alim ulama, serta cadiak pandai masyarakat Sumatera Barat secara khusus, dan rakyat Indonesia umumnya. Mencermati isu mobil dinas kepala daerah Sumbar dalam dua hari ini, saya atas nama pribadi dan pemerintah, menyampaikan permohonan maaf kepada kita semua. Karena, telah menimbulkan keresahan dan jadi pembicaraan publik,” isi keterangan Mahyeldi tersebut.

Inti dari keterangan Mahyeldi itu memuat 5 poin penting. Pertama, menyangkut pembelian mobnas baru Gubernur Sumbar dan Wagub Sumbar sudah dianggarkan sejak tahun 2020. “Sebelum saya terpilih jadi Gubernur (dianggarkannya pembelian mobnas, red). Penganggaran ini diusulkan oleh DPRD Sumbar dan sudah sesuai prosedur dan mekanisme di pemerintahan,” ungkap Mahyeldi.

BACA JUGA:  Ilham Maulana tak Penuhi Panggilan Ketiga Polisi

Sedangkan di poin kedua, Mahyeldi menjelaskan bahwa mobil dinas yang lama beberapa kali mengalami kerusakan teknis. Hal itupun menghambat mobilisasinya dalam melakukan pelayanan ke daerah-daerah di Sumbar. “Maka, untuk sementara waktu saya dipinjamkan mobil oleh salah satu SKPD (sekarang disebut OPD, Red), dengan harapan pelayanan kita kepada masyarakat tetap terlaksana,” katanya.

Lalu di poin ketiga, Mahyeldi mengatakan bahwa mobnas baru Gubernur Sumbar sudah yang disediakan oleh Bagian Rumah Tangga Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, sudah digunakan sejak 1 bulan lalu. “(digunakan) untuk kegiatan ke daerah. Salah satunya juga dalam rangka koordinasi penanggulangan Covid-19. Sebab, 4 daerah di Sumbar masuk kategori PPKM level 4,” teranganya.

“Dalam proses pembelian mobil dimaksud juga dapat dilakukan penghematan anggaran hingga 40 persen dari pagu yang ada,” lanjut Mahyeldi dalam poin keempat keterangan resminya itu.

Sementara itu, di poin terakhir keterangannya, Mahyeldi menyampaikan pernyataan cukup mengejutkan menginstruksikan dua hal kepada OPD terkait. Pertama, ia meminta dilakukan pengalihan fungsi mobnas baru Gubernur Sumbar tersebut menjadi mobil operasional penanganan Covid-19. Kedua, melelang segera mobil dinas yang lama. Sehingga, dananya bisa dialokasikan untuk penanggulangan Covid-19.

BACA JUGA:  Diduga Korupsi, Oknum Pimpinan DPRD Sijunjung Ditahan

“Maka untuk sementara waktu saya akan menggunakan mobil pribadi untuk kebutuhan pelayanan kepada masyarakat. Sekali lagi atas nama pribadi dan pemerintah provinsi Sumatera Barat kami menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih atas kepedulian kita semua,” tukas Ketua DPW PKS Sumbar tersebut.

Wagub Sumbar Ikutan Alihkan Mobnasnya

Mobnas baru wakil Gubernur Sumbar
Wakil Gubernur Sumbar menyerahkan mobnas barunya ke Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar, untuk dijadikan kendaraan operasional Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar. (Foto: Istimewa)

Wagub Sumbar Audy Joinaldy juga memilih keputusan yang sama dengan Mahyeldi. Di hari yang sama, Kamis (19/8/2021), ia menyerahkan mobnas barunya kepada Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar. Jadi, mobil Hyundai Palisade yang sebelumnya dipakai Audy, bakal menjadi kendaraan operasional Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar.

“Saya sudah tentu mengikuti arahan dari pak Gubernur. Makanya, saya memutuskan untuk mengambil langkah yang sama dengan pak Gubernur (yang juga mengalihkan mobnas baru Gubernur Sumbar untuk dijadikan kendaraan operasional penanganan Covid-19 Sumbar, Red),” ungkap Audy.

BACA JUGA:  Mengenali Tanda-tanda Persalinan Penting bagi Calon Ibu dan Ayah
Ramainya Kritikan Mobnas Baru Gubernur Sumbar

Sebelumnya, keberadaan mobnas baru Gubernur Sumbar dan Wakil Gubernur Sumbar memang menuai banyak kritikan. Tidak saja dari politisi lokal Sumbar, tetapi juga datang dari politisi yang berkiprah di kancah nasional. Bahkan, mantan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, sempat ikutan berkomentar terkait mobnas tersebut. Sebab, ia merasa terpancing oleh pernyataan Wagub Sumbar kepada media.

Namun terlepas dari komentar Irwan Prayitno, kebanyakan politisi lokal Sumbar ataupun pusat yang mengkritisi pembelian, menilai tidak etis jika Gubernur dan Wagub Sumbar membeli mobnas baru dalam kondisi pandemi Covid-19 ini. Terlebih pembelian kedua mobnas tersebut menyerap anggaran sekitar Rp 2 miliar lebih.

Kritikan itu tampaknya membuat Mahyeldi ataupun Audy mengambil sikap mengalihkan kendaraan dinas yang menjadi haknya tersebut. Meskpun, keduanya mengaku bahwa kendaraan dinas Gubernur ataupun Wagub Sumbar yang lama, sudah tidak layak digunakan. Artinya, Mahyeldi ataupun Audy berkemungkinan besar memilih menggunakan kendaraan pribadinya untuk kegiatan dinasnya. (da.)


Temukan berita Padang hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan