Minta Perantau Urung Niat Pulang Kampung

  • Bagikan
larang perantau padang pariaman pulang
Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni didampingi Wabup Suhatri Bur saat menandatangani surat imbauan kepada perantau untuk menunda kepulangan ke kampung halaman. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Bupati Kabupaten Padangpariaman, Ali Mukhni akhirnya mengambil sikap serius guna antisipasi masuknya covid-19 atau virus corona di Padangpariaman. Yakni dengan menerbirkan imbauan agar para perantau Padangpariaman menunda rencana pulang kampung halaman. Sikap itu harus diputuskan Ali Mukhni melihat kian mengancamnya pandemi covid-19 di Sumatera Barat.

Ali Mukhni menjelaskan bahwa kebijakan itu didasari hasil rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, yang digelar 23 Maret 2020.

“Dalam rapat tersebut para ulama kita mengemukakan terkait hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang bunyinya ’Jika kalian mendengar wabah melanda suatu negeri, maka jangan kalian memasukinya dan jika kalian berada di daerah wabah itu, janganlah kalian keluar untuk lari darinya’,” ujar Ali Mukhni.

BACA JUGA:  Dinas Pertanian Padangpariaman Diaudit Inspektorat

Sehingga, imbuh Ali Mukhni, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman harus mengambil keputusan untuk mengimbau warganya yang merantau, mengurung niat pulang hingga kondisi kondusif. Pasalnya, warga Padangpariaman diketahui cukup banyak yang mengadu nasib di perantauan saat ini. Baik di berbagai daerah di Indonesia atauppun luar negeri.

“Kita sebenarnya sangat berat mengambil keputusan ini. Namun ini untuk kemaslahatan umat, mengingat semakin meluasnya penyebaran covid-19 di Indonesia,” ujar Ali Mukhni yang didampingi Wakil Bupati Suhatri Bur dan Sekdakab Padangpariaman, Jonpriadi.

Untuk itu, Ali Mukhni dan Suhatri Bur berharap para perantau asal Padangpariaman tidak menyalahartikan imbauan tersebut. Sebab, imbauan itu disampaikan pihaknya untuk keselamatan masyarakat di ranah ataupun perantauan.

BACA JUGA:  Petani Nagari Balahaie Padangpariaman Kekurangan Air

“Ini semata-mata untuk langkah antisipasi dan wujud bahwa kita di ranah maupun rantau saling menyayangi. Semoga Allah SWT selalu melindungi warga Padangpariaman yang di ranah maupun di perantauan,” harap Ali Mukhni.

Sedangkan Sekdakab Padangpariaman, Jonpriadi mengatakan, imbauan tersebut disampaikan pihaknya secara tertulis, yang dikirimkan ke seluruh Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) se-Indonesia.

“Kita sangat berharap imbauan ini bisa memberikan pengertian dan tetap menyejukkan hati para perantau kini. Semoga kita semua, baik di ranah ataupun di perantauan diberikan perlindugan oleh Allah SWT,” ujar Jonpriadi. (da.)

  • Bagikan