Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Menyejahterakan Masjid, Melindungi Generasi Muda

  • Bagikan
Ali Mukhni bersama jemaah Masjid Nurul Ihsan Tunggul Hitam Padang. Ali Mukhni berpesan kepada masyarakat untuk terus menyejahterakan masjid. (Foto: Istimewa)

Padang | Datiak.com – Kepedulian Ali Mukhni menyejahterakan masjid sangat diapresiasi masyarakat hingga tokoh besar Sumbar. Ali Mukhni terbukti begitu memperhatikan segala unsur yang dapat menyejahterakan masjid. Mulai dari garin, muazin, ustad, hingga para pelajar yang rutin mempelajari ilmu Islam di masjid. Terlebih lagi untuk pembangunan masjid, Ali Mukhni tak bakal hitung-hitungan.

Bahkan, Gubernur ke-3 Sumbar, Letjen (Purn) Azwar Anas Datuak Rajo Sulaiman menilai, Ali Mukhni sebagai sosok yang banyak berbuat daripada sekadar bicara. “Saya sangat apresiasi pak Ali Mukhni karena mampu membangun Masjid Raya Padangpariaman nan megah, karena dilengkapi fasilitas ramah disabilitas dan lanjut usia (lansia),” ujar Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia ke-8 tersebut di kediamannya beberapa waktu lalu.

Kepedulian Ali Mukhni menyejahterakan masjid juga diakui Khalifah XV dari Syekh Burhanuddin, Buya Hery Firmansyah. Ia mengatakan bahwa perjuangan Ali Mukhni mampu membenahi kembali kawasan masjid dan makam Syekh Burhanuddin, pasca rusak akibat gempa 2009 lalu.

“Pak bupati selalu hadir dalam undangan masjid. Beliau juga selalu membantu masjid, garin, muazin hingga para penghafal Al Quran ketika berkunjung ke masjid,” ungkap Buya Hery Firmansyah.

Perasaan kagum terhadap kepedulian Ali Mukhni terhadap masjid, juga disampaikan masyarakat di Perumdam IV Tunggul Hitam, Kota Padang. Sebab mereka tidak menyangka Ali Mukhni yang sudah memberikan bantuan alat olahraga untuk pemuda masjid di sana, ternyata masih memberikan bantuan untuk kebutuhan masjid.

“Alhamdulillah, pak Ali Mukhni tadi malam (10/8) datang ke masjid kita. Beliau meninggalkan bantuan Rp 10 juta untuk masjid. Kami tidak menyangka beliau begitu elok dan semangat menyejahterakan masjid,” ujar Andre, humas organisasi Pemuda Masjid Nurul Ihsan Perumdam IV Tunggul Hitam, kemarin (11/8).

Respon Ali Mukhni

Menyikapi apresiasi dari masyarakat tersebut, Ali Mukhni memulai ucapannya dengan “alhamdulillah, semua karena ridho Allah SWT”. Menurutnya, semua itu dilakukan karena kewajibannya sebagai umat Islam.

“Kita dituntut untuk terus bersedekah. Sebab harta itu bukan milik kita, tetapi titipan Allah SWT. Makanya, kita tidak perlu berpikir ulang membantu sesame, terlebih untuk menyejahterakan masjid,” hemat bupati Padangpariaman peraih pengharagaan Peduli Pendidikan Islam dari Kementerian Agama itu.

Dengan menyejahterakan masjid, imbuhnya, perbaikan terhadap kehidupan sosial pasti terwujud. Untuk itu, ia rutin membantu dan gigih membangun masjid. “Banyak yang bisa dilakukan di masjid. Dahulu, generasi muda itu tumbuh sebagai sosok beriman dan berilmu dari surau,” kenangnya.

Untuk itu, Ali Mukhni sangat apresiasi terhadap pemuda yang aktif berkegiatan untuk meramaikan masjid. Dengan begitu, menurutnya mereka telah jauh dari pengaruh-pengaruh negatif. “Menyejahterakan masjid adalah langkah terbaik melindungi generasi muda kita. Untuk itu, mari bersama-sama kita ramaikan masjid,” pungkas bupati yang berhasil mendidik anaknya menjadi tokoh legislatif di DPRD Sumbar saat ini. (da.)

  • Bagikan