Iklan Melayang
Iklan Melayang

Menteri Pertanian Minta Pastikan Lumbung Pangan

  • Bagikan
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo didampingi Pjs Bupati Padangpariaman, Adib Alfikri, saat panen padi menggunakan combine harvester di Nagari Sicincin. (Foto: Humas)
banner 468x60

Padangpariaman | Datiak.com – Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, menilai kesiapan pangan di Sumbar terus membaik setiap tahunnya. Khususnya di Kabupaten Padangpariaman sebagai salah satu lumbung pangan di Sumbar. Meski begitu, ia meminta agar setiap kepala daerah di Sumbar, terus memberikan perhatian serius terhadap bidang pertanian.

“Saya berharap gubernur dan bupati bisa mempersiapkan dan memperhatikan ketahanan pangan secara kuat,” ujar Syahrul ketika mengikuti panen raya di sawah petani yang berada di Nagari Sicincin, Kecamatan 2×11 Enamlingkung, Padangpariaman, Selasa (27/10).

banner 336x280

Untuk mempertahankan kekuatan pangan, ia menyarankan gubernur serta bupati/wali kota di Sumbar mempersiapkan lumbung-lumbung pangan. Lumbung itu tidak hanya berupa data tetapi juga fakta atau nyata keberadaannya.

“Jajaran pemerintah kita minta untuk melakukan persiapan. Minimal semua daerah dibuatkan maping untuk zona merah, kuning, dan hijau akan bencana curah hujan. Irigasi juga harus diperbaiki, asuransi diharapkan dimaksimalkan di daerah-daerah,” pungkas Menteri Pertanian.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Padangpariaman, Yurisman, menjelaskan bahwa pertanian padi sawah terus berkembang baik di Padangpariaman. Hal itu lantaran pembinaan yang diberikan berjalan secara berkelanjutan di Ranah Saiyo Sakato itu.

“Daerah Korong Pasa Laban, Nagari Sicincin ini, mempunyai 125 hektar lahan sawah. Sawah yang kini akan dipanen luasnya sekitar 25 hektar,” ujar Yurisman.

Untuk memberikan dukungan atas kesejahteraan petani, lanjutnya, Dispertangan Padangpariaman selalu mengupayakan berbagai bantuan. Baik dari APBD Padangpariaman dan Sumbar, ataupun dengan menggaet dana pusat.

“Pendampingan terhadap petani juga kita lakukan dengan langsung mendatangi sawah petani mulai dari masa tanam hingga masa panen,” ujar alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas itu.

Yurisman menjelaskan, bantuan dari Pemprov Sumbar ke Padangpariaman yang disalurkan untuk Kelompok Tani Matahari, yaitu hand traktor sebanyak 1 unit, rice transplenter 1 unit, alat siang gulma 4 unit, serta dan handspier 1 unit.

“Dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padangpariaman juga memberikan bantuan berupa 2 unit treser untuk Kelompok Tani Matahari Terbit dan Usaha Sepakat. Semoga kelompok tani ini semakin baik hasil panennya ke depan” pungkas Yurisman.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan