Mentawai Fokus Membangun Infrastruktur Tahun 2022

  • Bagikan
Bupati dan Wabup Mentawai bersama peserta konsultasi publik dalam rangka RKPD Kepulauan Mentawai tahun 2022. Bupati Mentawai mengatakan bahwa Pemkab Mentawai fokus membangun infrastruktur tahun 2022 mendatang. (Foto: Humas)

Mentawai | Datiak.com – Pemkab Mentawai fokus membangun infrastruktur tahun 2022 mendatang. Hal itu diungkapkan Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, saat membuka konsultasi publik di Aula Bappeda Kepulauan Mentawai, kemarin.

Menurut Yudas, Pemkab Mentawai fokus membangun infrastruktur untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat. Selain itu, infrastruktur dinilai pendukung utama peningkatan pendidikan di sana.

“Pembangunan tentunya juga akan mendukung pariwisata kita untuk lebih maju,” hemat Yudas dalam konsultasi publik dalam rangka pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kepulauan Mentawai Tahun 2022 tersebut.

Bupati Mentawai dua periode itu mengemukakan dua hal strategis yang harus dilaksanakan tahun 2022. Yakni pola keberimbangan dan prioritas. Sehingga, perencanaannya menjadi benar-benar terukur dan tepat sasaran nantinya.

BACA JUGA:  Pendaftaran Penerima Bantuan Presiden Diperpanjang

“Camat harus benar-benar memperhatikan hal-hal prioritas di wilayah kerjanya. Hal ini penting agar pembangunan di kecamatan menjadi berimbang,” tegas politisi PDI Perjuangan tersebut.

Dalam konsultasi itu, Ketua KNPI Mentawai Ardiman menanyakan soal Rumah Sakit Pratama di Siberut. Pasalnya, fasilitas kesehatan itu belum juga dioperasikan hingga saat ini. Selain itu, tokoh mudah itu juga menanyakan kelayakan kapal antarpulau yang akan dioperasikan Pemkab Mentawai.

“Kami juga membutuhkan pemaparan strategi dari Pemkab Kepulauan Mentawai, untuk mengatasi pengangguran di Mentawai. Hal ini bisa menjadi penghambat daerah kita untuk maju ke depannya,” hematnya.

Menyikapi itu, Yudas memastikan pihaknya sudah mempersiapkan secara matang dalam mengatasi permasalahan pengangguran ke depannya. Menurutnya, peningkatan infrastruktur dan kelancaran transportasi, salah satu pendukung bergeliatnya dunia usaha di sana.

BACA JUGA:  Serah Terima Jabatan Bupati Padangpariaman, Ini Pesan DPRD

“Pelayanan terlebih fasilitas kesehatan sudah pasti terus menjadi fokus kita. Apalagi sekarang pandemi Covid-19 masih berlangsung,” pungkas Yudas.

Konsultasi publik itu tampak dihadiri Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake, Sekdakab Martinus Dahlan, Pasi Intel Kodim 0319/Mentawai Lettu Inf S.Sipayung, Waka Polres Kompol Bresman Simanjuntak, anggota DPRD Stefanus Sabaggalet, pimpinan OPD di Mentawai, Camat se-Kepulauan Mentawai, serta para tokoh masyarakat. (da.)

  • Bagikan