Kamis, 9 Februari 2023

Datiak.com

Berita Terbaru Hari Ini dan Informasi Terkini

Mengusir Curut dari Rumah: 17 Cara Plus Bahan Dapur Ini Wajib Anda Tahu

2518 pembaca
Curut termasuk binatang menjengkelkan. Makanya, keberadaannya tergolong sebagai hama. Sifat karnivora curut, membuat sejumlah bahan dapur terancam. Untuk itu, Datiak.com bagikan cara mengusir curut dari rumah dan mengusir tikus dari rumah.

Sebelum memaparkan cara mengusir curut dari rumah, Datiak.com akan memberikan sedikit pengetahuan terlebih dahulu. Yakni menyangkut curut dan tikus. Pasalnya, 2 binatang hama ini kerap dianggap sama. Padahal, keduanya sangat jauh berbeda.

Perbedaan curut dan tikut tidak saja dari segi bentuk, tetapi hingga sifat dan kelas ordonya. Pada fisiknya, perbedaan paling kontras dapat dilihat di bagian kepala. Sebab, kepala curut lebih panjang dan runcing. Sedangkan tikus, kepalanya cenderung bulat.

Secara sifat, tikus dan curut dapat dibandingkan dari gerakannya. Tikus biasanya bergerak dengan cepat. Sementara curut pelan seakan berhati-hati dalam gerakan jalannya. Lalu dari sisi makanan, tikus bersifat herbivora. Sedangkan curut karnivora.

Bahkan, kelas ordo kedua hama ini juga sangat berbeda. Curut masuk falimi eulipotyphla seperti landak mini dan tikus mondok. Sedangkan tikus, bagian dari famili rodentia seperti kapibara. Sebenarnya, banyak lagi perbedaannya. Jadi, jangan sampai memfitnah tikus karena kesalahan curut. Begitupun sebaliknya. Intermeso friends.

Nah, tidak panjang lebar lagi. Kita akan langsung mengulas cara mengusir curut dari rumah. Menariknya, cara ini ternyata juga bisa mengusir tikus dari rumah. Berikut 17 cara yang Datiak.com rangkum dari beberapa sumber:

1. Setiap Bagian Rumah Harus Bersih dan Kering

Teknik mengusir curut dari rumah yang pertama yaitu memastikan seluruh sisi rumahmu bersih serta kering. Pasalnya, curut sangat suka dengan tempat yang kotor, gelap, serta lembap.

Jadi, pastikan rumah kering dari sumber air. Untuk diketahui, curut adalah hewan yang dapat alami dehidrasi. Sehingga, sulit bagi mereka jauh dari sumber air.

2. Tutup Lubang di Dinding

Setelah itu, curut mungkin masuk dari retakan dinding rumah. Apabila ada, lekaslah tutup dengan semen atau cegah sama barang besar yang sulit untuk dipindahkan.

Ingat, curut memiliki ukuran kecil serta dapat memaksakan menerobos lubang kecil. Penerapan cara ini juga otomatis mencegah tikus atau binatang liar lainnya masuk ke rumah.

3. Tutup Rapat Bak Sampah

Cara mengusir curut dari rumah selanjutnya, yaitu kosongkan tempat sampah tiap harinya. Tidak itu saja, bak sampah harus terus tertutup rapat. Bila perlu, kasih pemberat di atas tutup bak sampah itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *