Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Mengenali Tanda-tanda Persalinan Penting bagi Calon Ibu dan Ayah

  • Bagikan
Grafis yang menjelaskan cara mengenali tanda-tanda persalinan bagi ibu hamil. (Tim Grafis Datiak.com)

Mengenali tanda-tanda persalinan perlu dilakukan ibu hamil ataupun suaminya. Sebab, banyak hal yang bisa dialami ibu hamil. Salah satunya di waktu-waktu memasuki masa persalinan, tanda-tanda khusus biaasanya terjadi, seperti kontraksi.

Namun, tidak semuanya dapat dipastikan sebagai kontraksi pada ibu hamil dapat pertanda mendekati persalinan. Pasalnya, informasi yang Datiak.com kumpulkan dari sejumlah dokter ahli kandungan, terdapat kontraksi palsu dan kontraksi jelang persalinan pada rahim.

Untuk itu, ibu hamil terlebih bagi ibu-ibu muda yang mengandung anak pertamanya, perlu memahami terkait kontraksi rahim saat kehamilan. Setidaknya menyangkut dua kontrasi yang umum terjadi di masa kehamilan. Yakni false labour yang disebut dengan kontraksi braxton hicks, dan true labour yang terasa ketika mendekati persalinan.

Bagaimana membedakan kedua kontraksi itu?

Mengenali karakteristik setiap kontraksi rahim, memang hal utama yang harus dipahami ibu hamil. Untuk itu, kita memulai mengulas menyangkut kontraksi braxton hicks. Kontraksi biasanya terasa hilang timbul. Jaraknya antara dua kontraksi tidak menjadi semakin dekat, tidak meningkat bila berjalan, tidak memanjang, dan tidak semakin menguat.

BACA JUGA:  Sinyal di Nagari Sisawah Berkat Aspirasi Andre Rosiade

Kontraksi ini biasanya dirasakan ibu hamil pada trimester kedua atau minggu 13 sampai 25 kehamilan. Dari beberapa kasus, braxton hicks ini akan sering pada trimester ketiga atau minggu ke-26 hingga 40 kehamilan. Kontraksi ini seringkali membuat ibu hamil merasa persalinan segera dimulai. Namun, sesuai namanya, false labour, kontraksi ini bukanlah kontraksi yang dirasa saat mendekati persalinan.

Sedangkan kontraksi jenis true labour, terjadi dalam interval yang teratur, dan berlangsung hingga 30-70 detik. Jarak antara dua kontraksi semakin dekat. Kontraksi juga terus berlangsung atau tidak berhenti. Meskipun, ibu hamil telah merubah posisi, kontraksi akan semakin menguat. Kontraksi ini awalnya terasa pada bagian punggung kemudian menjalar ke arah perut.

BACA JUGA:  Olahan Ikan di Padangpariaman Ditarget Meningkat
Tanda-tanda Jelang Persalinan

Jelang persalinan, selalu terdapat tanda-tanda yang dapat terlihat pada ibu hamil. Mulai dari kontraksi, adanya lender bercampur darah hingga air ketuban pecah. Jadi, ibu hamil harus dapat mengetahui ketiga hal ini.

1. Kontraksi yang Teratur

Mulai usia kehamilan 38 minggu, umumnya timbul kontraksi tidak teratur yang disebut kontraksi braxton hicks. Namun, kontraksi tersebut bukan termasuk tanda-tanda persalinan. Kontraksi yang menampakkan proses persalinan timbul secara teratur. Awalnya kontraksi hanya sebentar, kemudian bertambah lama bertambah sering dan bertambah kuat. Kontraksi pun terjadi simetris di kedua sisi perut. Mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim. Nyeri juga tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan.

2. Adanya Lendir Bercampur Darah

Jelang persalinan, sumbatan yang tebal pada mulut rahim akan terlepas. Hal itu pun menyebabkan keluarnya lendir kemerahan karena bercampur darah. Peristiwa ini dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan. Namun, suami atau keluarga ibu hamil harus menghubungi dokter, apabila mengalami pendarahan hebat.

BACA JUGA:  PKDP Bersikap Netral Hadapi Pilgub Sumbar

3. Air Ketuban Pecah

Kantung ketuban yang mengelilingi bayi akan pecah sehingga air ketuban keluar. Normalnya, air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau. Ini tanda paling dekat bagi ibu hamil untuk melakukan persalinan.

Jika ibu hamil merasa cemas dan merasakan gejala lain di luar apa yang telah dijelaskan tersebut, sebaiknya berkonsultasilah dan kontrol langsung dengan dokter spesialis kebidanan atau kandungan. Semoga setiap ibu hamil di Ranah Minang ini selalu diberi kelancaran dalam proses persalinannya oleh Allah SWT. Salam sehat untuk kita semua. (da.)

  • Bagikan