Iklan Melayang
Iklan Melayang

Mendes PDTT Bantah Isu Alokasi Dana Desa Dihapuskan

  • Bagikan
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar bantah isu alokasi dana desa dihapuskan. (Foto: Humas)
banner 468x60

Pariaman | Datiak.com – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar membantah adanya isu alokasi dana desa dihapuskan mulai tahun depan. Hal itu disampaikannya kepada awak media saat mengunjungi Kota Pariaman, Jumat (24/7).

Katanya, isu alokasi dana desa dihapuskan itu tidaklah benar. Sebab, dana desa masih ada tahun 2021 mendatang. “Dana desa tahun 2021 nanti, besaran alokasinya masih sama dengan tahun 2020. Jadi dana desa masih tetap ada,” ujar menteri yang akrab disapa Gus Halim tersebut.

banner 336x280

Dalam kunjungannya, Mendes mengukuhkan 43 orang Pendamping Desa Berdikari (PDB) se-Kota Pariaman.

“Sebelumnya Wali Kota Pariaman (Genius Umar) kirim pesan WhatsApp ke saya, beliau menyarankan pengukuhan ini secara virtual saja. Namun saya tidak mau,” ujar Halim sembari tersenyum.

Penolakan itu, imbuhnya, bukan berarti tidak menghargai saran Genius Umar. Tetapi, dirinya bersemangan mengunjungi Kota Tabuik tersebut, karena menilai PDB adalah terobosan cemerlang.

“Inovasi ini (membentuk PDB, Red) patut dicontoh daerah atau kabupaten/kota lainnya di Indonesia untuk memajukan desa atau nagarinya,” hemat mantan Ketua DPRD Jawa Timur tersebut.

Ia mengakui bahwa PDB sangatlah dibentuk di desa-desa di seluruh Indonesia. Hanya saja, APBN belum mampu untuk memenuhinya, karena jumlah desa se-Indonesia sebanyak 74.953.

“Makanya kita patut apresiasi Kota Pariaman,” ujar politisi PKB itu.

Untuk itu, Halim mengimbau seluruh tenaga PDB telah dikukuhkannya di Kota Pariaman, bisa menjalankan amanah sebaik mungkin. Sebab, keberadaan mereka vital untuk kemajuan desa di sana.

“Bekerjalah sebaik mungkin sebagai pendamping desa, karena tugas utama dan pertama dari pendamping desa adalah menjadi mata hati dan tangan dari wali kota,” pungkasnya.

Pengukuhan 43 orang PDB tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumbar Syafrizal, Wali Kota Pariaman Genius Umar, Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, anggota DPD RI Aliman Sori, Ketua DPRD Pariaman Fitri Nora. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan