Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Melestarikan Manggrove di Mentawai Sangatlah Penting

Suasana penanaman manggrove di kawasan pantai Dusun Mapaddegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara. (Foto: Sabarial/Datiak.com)
311 pembaca

Mentawai | Datiak.com – Melestarikan manggrove di Mentawai sangatlah penting. Untuk itu, Badan SAR Nasional (Basarnas) Kebupaten Kepulauan Mentawai, selalu melakukan penanaman manggrove di kawasan pantai Bumi Sikerei itu.

Penamanam kali ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-50 Basarnas. Lokasi penanamnya yaitu di kawasan pantai Dusun Mapaddegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara.

Kepala Kantor Basarnas Mentawai, Akmal, menjelaskan bahwa penanaman manggrove di Mentawai, memang sudah sering dilakukan Basarnas Mentawai. Sebab, manggrove sangat bermanfaat dalam mencegah abrasi.

“Selain dapat mencegah terjadinya abrasi pantai, manggrove juga mampu menambah lahan pantai. Lalu, bisa menjadi pelindung juga jika terjadi bencana tsunami,” hematnya, kemarin.

Keberadaan manggrove, lanjutnya, juga sangat berfungsi untuk perkembangbiakan makhluk hidup laut. Hal ini tentunya secara otomatis memperkuat pangan manusia yang bersumber dari laut.

Upaya melestarikan manggrove di Mentawai tersebut, dilakukan Basarnas Mentawai bersama Dandim 0319/Mentawai yang diwakili oleh Kasdim 0319/Mentawai, Danposal Mentawai, perwakilan OPD di Pemkab Mentawai, serta masyarakat.

Hujan yang mengguyur lebat, tidak membauat kendor semangat orang-orang yang mengikuti kegiatan penanaman manggrove pada Rabu (2/2) tersebut. (da.)


Baca berita Mentawai hari ini di Datiak.com.

Avatar photo