Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Masyarakat Nagari Garabakdata Hanya Ingin Jalan dan Listrik

  • Bagikan
Masyarakat Nagari Garabakdata
Kendaraan romobongan Pemprov Sumbar tampak kesulitan ketika menuju Nagari Garabakdata, Kecamatan Tigolurah, Kabupaten Solok, Senin (10/8/2020). (Foto: Pemprov Sumbar)

Kabupaten Solok | Datiak.com – Masyarakat Nagari Garabakdata, Kecamatan Tigolurah, kembali menyuarakan kepada Pemerintah Kabupaten Solok agar membangun infrastruktur di nagari tersebut, terutama akses jalan. Sebab, usulan yang sudah sangat sering disampaikannya tak kuncung terealisasikan.

“Rasanya sudah puluhan bahkan ratusan kali masyarakat Nagari Garabakdata menyuarakan agar nagari ini bisa mendapatkan sentuhan pembangunan, tapi tidak diacuhkan. Sekarang, di masa bupati yang kami sangat berharap pembangunan dilakukan di nagari kami,” ujar Wali Nagari Garabakdata, Pardinal, Kamis (26/8).

Ia berharap, Pemkab Solok, Pemprov Sumbar dan Kementerian PDTT atau Pemerintah Pusat, bersama-sama mencarikan solusi untuk membuka nagari di Tigolurah dari keterbelakangan. Diakuinya, selain terkendala masalah hutan lindung, sebab Pemerintah Pusat tidak mau membuka hutan lindung. Alhasil, Garabakdata bisa menjadi nagari yang dirugikan oleh kebijakan hutan lindung tersebut.

BACA JUGA:  Ranperda RPJMD 2021-2026 Kabupaten Solok Disahkan Malam

Disebutkannya, keinginan masyarakat sangat sederhana sekali, hanya ingin ada akses jalan dan listrik. Tak ada keinginan untuk sejahtera apalagi kaya raya. Ia berharap, dengan bergantinya kepemimpinan di Kabupaten Solok, bisa memprioritaskan akses jalan, penerangan dan akses air bersih.

“Kenapa jalan kami minta, untuk membawa sekarung pupuk saja, petani mengeluarkan biaya dari Batubajanjang (nagari tetangga) Rp 250 ribu. Kami juga berharap nagari kami ini terlepas dari nagari  terisolir,” pungkasnya.

Wabup Respon Aspirasi Masyarakat Nagari Garabakdata

Wakil Bupati Solok, Jon Firman Pandu mengatakan, pihaknya menyadari saat ini masyarakat Nagari Garabakdata merasakan tidak diacuhkan oleh pemerintah daerah maupun provinsi. Sebab, sudah banyak aspirasi yang sudah disampaikan oleh tokoh-tokoh nagarinya.

BACA JUGA:  Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Enam Lingkung, Padangpariaman

“Pemkab Solok nantinya prioritaskan pembangunan daerah yang terpinggirkan, 8 bulan lalu kami hadir di nagari ini. Sekarang, kami hadir untuk menjemput, mendengar dan tentunya akan merealisasikam aspirasi masyarakat,” ujarnya saat kunjungan ke Nagari Garabakdata, Kamis (26/8).

Aspirasi masyarakat Nagari Garabakdata tersebut, nantinya akan disampaikan kepada bupati untuk segera dibahas dan memprioritaskan pembangunan di Nagari Garabakdata. “Yang jelas ini akan kita prioritaskan, dan agar segera dibahas, saya akan coba komunikasikan dengan bupati nantinya,” pungkasnya. (da.)


Temukan berita Kabupaten Solok hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan