Masyarakat Mentawai Kunci Kesuksesan Pembangunan

  • Bagikan
Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabagalet saat meresmikan perumahan nelayan di Dusun Bose, Desa Sikabaluan, kemarin (29/3). Ia pun berpesan agar masyarakat Mentawai mendukung pembangunan dan memprioritaskan pendidikan.
Foto: Humas for Datiak.com

Mentawai | Datiak.com – Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabagalet mengatakan, kesuksesan pembangunan daerah sangat bergantung kepada masyarakat. Untuk itu, ia berharap masyarakat Mentawai memberikan dukungan dengan cara terbuka terhadap pembangunan.

“Percepatan pembangunan daerah sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat tentunya. Jadi, masyarakat harus membuka diri dan bekerja sama dengan pemerintah, sehingga pembangunan berjalan lancar dan sukses,” ucap Yudas saat meresmikan perumahan keluarga nelayan di Dusun Bose, Desa Sikabaluan, kemarin (29/3).

Ia mencontohkan pembangunan 40 unit rumah nelayan di sana. Menurutnya semua itu berjalan lancar hingga rampung, tidak terlepas dari dukungan masyarakat Mentawai, khususnya di Desa Sikabaluan. Sehingga, hasilnya kini bisa dirasakan oleh masyarakat yang bekerja sebagai nelayan.

BACA JUGA:  Pesona Alam Nagari Anduring di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam

“Mendukung pembangunan daerah sudah tentu akan berdampak positif untuk kita,” hemat bupati dua periode tersebut.

Ia optimis, efek pembangunan tidak saja membuat daerah semakin berkembang, tetapi mampu membuat perekonomian masyarakat tumbuh pesat. Contohnya pembangunan perumahan nelayan itu, sudah tentu membuat nelayan lebih dimudahkan, sehingga ada perbaikan dalam taraf kehidupannya.

“Dengan dibangunnya rumah ini, setidaknya sudah berkurang beban para nelayan kita. Jadi, mereka bisa lebih fokus pada hal-hal lain untuk meningkatkan perekonomiannya ke depan,” cermat politisi PDI Perjuangan itu.

Ia mengatakan kepada masyarakat di sana, pembangunan di Mentawai sudah pasti akan tetap berlandaskan pada kearifan lokal. Sehingga, potensi dan ciri khas setiap desa di Mentawai tetap terjaga.

BACA JUGA:  Pulang dari Rantau, Yogi Langsung Tinggal di Tengah Sawah

“Dari potensi setiap desa, kita akan tahu keunggulan Mentawai secara umum. Makanya, potensi seperti nilai-nilai budaya harus terus dijaga,” hemat Yudas.

Selain mendukung pembangunan dan menjaga potensi daerahnya, Yudas juga mengajak masyarakat Mentawai untuk gigih dalam pendidikan. Pihaknya bertekad mewujudkan masyarakat Mentawai dengan pendidikan minimal SMA sederajat.

“SDM juga kunci kemajuan daerah. Makanya, kita ingin masyarakat kita sangat minimal harus lulusan SMA sederajat,” pungkas bupati yang kini sedang proses pengusulan disertasi doktoral tersebut.

Diapresiasi

Sedangkan Kepala Desa Sikabaluan, Afrijon, berterima kasih kepada Yudas karena sudah menyalurkan bantuan besar untuk nelayan di sana. “Pak Yudas Sabagalet adalah sosok Bapak Pembangunan. Buktinya, Kepulauan Mentawai sekarang sudah berkembang pesat,” hematnya.

BACA JUGA:  Geliatkan UMKM, Pemko Sawahlunto Buat Toko Online

Bahkan, menurutnya Mentawai sudah bisa disejajarkan dengan daerah lainnya di Sumatera Barat. “Kami juga sangat banggap terhadap bupati karena selalu memperhatikan kesejahteraan masyarakatnya, dengan program-program peningkatan perekonomian,” pungkasnya. (da.)

  • Bagikan