Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Masjid Termegah di Padang Pariaman Senilai Rp 55 M mulai Dioperasionalkan

Masjid Termegah di Padang Pariaman, Masjid Jami' Hasanuddin Sabbihisma, berada di Komplek Perguruan Islam Sabbihisma, Korong Batang Sariak, Nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai. (Syahrial for DatiakFoto)
2187 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Masjid termegah di Padang Pariaman yang dibangun Yayasan Sabbihisma Sumatera Barat, akhirnya mulai beroperasi sejak Jumat (10/3/2023). Peresmian dibukanya masjid tersebut, dilakukan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, dan Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang.

Dalam kegiatan itu juga tampak Asisten II Zainil, kepala OPD, Camat Batang Anai dan wali nagari. Lalu, H Zulkifli Imam Said bersama pengurus Yayasan Sabbihisma, dan tokoh-tokoh masyarakat di Nagari Katapiang.

“Masjid atau surau jadi sisi yang lengkapi dan memperbaiki untuk penanaman beberapa nilai dan budaya Islam dalam kehidupan beragama terhadap umat,” kata Rahmang saat peresmian Masjid Jami’ Hasanuddin Sabbihisma, di Komplek Perguruan Islam Sabbihisma, Korong Batang Sariak, Nagari Ketaping, Kecamatan Batanganai, Jumat (10/3/2023).

Rahmang sangat berterima kasih terhadap pendiri dan donatur pembangunan Masjid Jami’ Hasanuddin Sabbihisma. Ia doakan, mudah-mudahan apa yang dibuat jadi amal ibadah bagi insan Yayasan Sabbihisma Sumatera Barat. Lantas ia menganjurkan warga agar selalu meramaikan masjid itu.

“Ini masjid termegah di Padang Pariaman. Tidak ada yang mengira akan ada masjid semegah ini. Mudah-mudahan  Masjid Jami’ Hasanuddin Sabbihisma terus diramaikan oleh masyarakat,” ujar Rahmang.
Masjid Termegah di Padang Pariaman Senilai Rp 55 M mulai beroperasi
Wabup Padang Pariaman, Rahmang, saat menandatangani prasasti peresmian Masjid Jami’ Hasanuddin Sabbihisma, di Korong Batang Sariak, Jumat (10/3/2023). (Diskominfo Padang Pariaman for DatiakFoto)

Pada saat itu, ia pula mengemukakan jika Pemkab Padang Pariaman benar-benar buka diri pada kritik dan saran dari warga, untuk membuat kehidupan yang lebih bagus. Masjid itu diharap dapat jadi media untuk kehidupan beragama dan menempatkan beberapa nilai kebatinan bagi masyarakat.

“Masjid Jami’ Hasanuddin Sabbihisma ini yakni masjid termegah di Padang Pariaman yang pertama. Mudah-mudahan kemunculannya menjadi kemajuan Islam di Padang Pariaman. Terutamanya di Kecamatan Batang Anai,” harap Rahmang.

Sementara itu, B Rangkayo Dt Rajo Sampono bersyukur tersedianya masjid yang megah di Nagari Katapiang. Ia ucapkan terima kasih kepada Yayasan Sabbihisma Sumatera Barat. Ia janji bakal melindungi, memiara, serta meramaikan masjid itu. “Selain itu ada juga penyelenggaran pendidikan, hingga generasi kita dapat tercerdaskan dengan nuansa agama,” tuturnya.

Informasi yang dihimpun di lapangan, pembangunan masjid megah itu diperkirakan menelan biaya Rp 55 miliar. Dalam peresmiannya, Gubernur Sumbar, Mahyeldi, dan Wabup Padang Pariaman, Rahmang, melakukan penandatanganan prasasti masjid. (da.)