Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Masjid di Padangpariaman Terus Bertambah

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengatakan bahwa masjid di Padangpariaman terus bertambah setiap tahunnya. Hal itu harus selaras dengan peningkatan kualitas ibadah dan kegiatan keagamaan umat Islam di sana. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Jumlah masjid di Padangpariaman terus bertambah setiap tahunnya. Hal itu dikemukakan Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, ketika menghadiri Isra’ Mi’raj di Masjid Jamike Syekh Burhanuddin Tiram, Nagari Seulayatulakan, Kecamatan Ulakantapakis, Jumat malam (12/3).

Untuk itu, Suhatri Bur berharap pertumbuhan masjid di Padangpariaman, turut mendorong kegiatan keagamaan secara intensif. Sehingga, keberdaan masjid bisa meningkatkan kualitas ibadah masyarakat di sekitarnya.

“Salah satu kegiatan yang penting yaitu pembinaan keagamaan terhadap anak kemenakan kita. Jadi, mereka bisa terhindar dari pengaruh-pengaruh negative yang tidak sesuai dengan agama, adat ataupun budaya kita,” harap Suhatri Bur.

Isra’ Mi’raj tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah. Gubernur yang akrab disapa buya tersebut, menjelaskan tentang Isra’ Mi’raj yang erat kaitannya dengan masjid.

“Kita harus mengetahui dan menyadari, bahwa bahwa inti dari peristiwa Isra’ Mi’raj itu adalah menyerahkan diri kepada Allah SWT. Salah satunya beribadah berjamaah dari masjid ke masjid,” hemat Mahyeldi.

Jika hal itu dilakukan, katanya umat Islam akan bisa membangun suasana hati yang bersih dan tenang dalam dirinya. Sehingga, mereka bersemangat dalam mengembangkan Islam. “Isra’ M’iraj telah memberikan pengaruh hebat kepada Nabi Muhammad SAW,” ucapnya.

Sedangkan Datuak Bungsu, salah seorang niniak mamak di Tiram tersebut, menjelaskan bahwa Masjid Jamik yang berada tepat di dekat Jembatan Tiram, berdiri di atas tanah seluas 3.000 m2. Sedangkan bangunan masjid sebesar 900 m2.

“Pembangunan masjid ini menelan biaya sekitar Rp 6 miliar. Masjid ini digunakan untuk kegiatan ibadah sejak 6 bulan lalu,” ujar Datuak Bungsu.

Pertumbuhan Masjid dan Musala

Data yang dihimpun Datiak.com dari BPS Padangpariaman, jumlah masjid di Padangpariaman memang terus bertambah setiap tahunnya. Jika dilihat dari lima tahun belakang, yakni tahun 2016, di Ranah Saiyo Sakato tersebut tercatat sebanyak 344 masjid. Per 2020, sudah terdapat 351 masjid di sana.

Tidak hanya masjid, jumlah musala juga mengalami peningkatan di Padangpariaman. Jika di tahun 2016 terdapat 2.079 musala di sana, tahun 2020 sudah tercatat 2.220 musala di Padangpariaman. Artinya, dalam lima tahun terdapat penambahan 141 musala di Padangpariaman.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padangpariaman, Jon Kenedi, dan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian, Rudi R Rilis. Lalu sejumlah Kepala Bagian (Kabag) di Sekretariat Daerah Kabupaten Padangpariaman, yaitu Kabag Perencanaan Keuangan Taslim Leter, Kabag Hukum Rifki Monrizal, Kabag Kesejahteraan Rakyat Azwarman, serta Kabag Humas dan Protokol, Anton Wira Tanjung. Selain itu, juga hadir Direktur PDAM Padangpariaman, Aminuddin. (da.)

  • Bagikan