Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

MAN Insan Cendekia Padangpariaman jadi Tuan Rumah KSNP

  • Bagikan
Kepala MAN Insan Cendekia Padangpariaman, Hendrisakti Hoktovianus komitmen sebagai tuan rumah KSNP yang dapat melahirkan generasi emas. (Foto: Istimewa)

Padangpariaman | Datiak.com – MAN Insan Cendekia Padangpariaman dipercaya sebagai salah satu tuan rumah Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSNP), jenjang SMA/MA tahun 2020 ini. Yakni khusus untuk memfasilitasi para peserta KSNP di wilayah Padangpariaman.

“Penunjukan tuan tumah berdasarkan Keputusan Pusat Prestasi Nasional, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kompetisi sudah dimulai sejak 10 hingga 14 Agustus 2020,” ujar Kepala MAN Insan Cendekia Padangpariaman, Hendrisakti Hoktovianus, Rabu (12/8).

Katanya, KSNP 2020 dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) atau online. Hal itu sesuai Surat Keputusan Gubernur Sumbar. Dipilihanya MAN IC Padangpariaman sebagai tuan rumah, sudah tentu menjadi kebanggan tersendiri, sekaligus amanah yang harus dilaksanakan dengan baik.

“Kesiapan jaringan listrik, perangkat komputer serta jaringan internet menjadi syarat mendasar KSNP daring ini berjalan secara optimal. Ini yang selalu kami perhatikan,” ujar Hendri.

Untuk wilayah Padangpariaman, tambahnya, peserta KSN-P sebanyak delapan SMA/MA. Yakni 1. MAN IC Padangpariaman, SMAN 1 Lubukalung, SMAN 1 Nansabaris, SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik, SMAN 1 Padangsago, SMAN 2 Sungailimau, SMAN 1 V Koto Kampung Dalam, dan SMAN 1 Batanggasan.

“MAN IC Padangpariaman akan terus berjuang melahirkan generasi unggulan dengan menjadi pelaksana iven tingkat provinsi hingga nasional. Sehingga, MAN IC Padangpariaman yang masih berusia muda, lebih dikenal luas ke depannya,” ujar Hendri.

Untuk itu, pihaknya tidak hanya bersinergi dengan lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama, tetapi juga yang dinaungi Kemendikbud. Terkhusus, madrasah atau sekolah yang ada di Sumbar ini.

“Peserta didik MAN dan SMA tidaklah terpisah. Mereka sama-sama generasi harapan bangsa. Makanya, kami berprinsip bahwa kesuksesan pendidikan bukan karena mampu melakukan, tetapi bagaimana kita berkolaborasi melahirkan generasi emas,” pungkasnya.

Apresiasi

Sedangkan Kacabdin Wilayah II Sumbar, Abinul Hakim sangat mengapresiasi MAN IC Padangpariaman, karena mampu menjadi tuan rumah KSNP 2020, yang memfasilitasi kegiatan dengan sangat baik. “Perlombaan sejauh ini berjalan dengan baik. Anak-anak tampak nyaman dan fokus,” hematnya.

Abinul mengatakan, pelaksanaan KSNP 2020 memang berbeda dari tahun sebelumnya. Yakni secara daring lantaran kondisi pandemi Covid-19. “Alhamdulillah, pelaksanaannya KSN-P di sini berlangsung aman karena sesuai protokol Covid-19,” ujarnya.

Ia berharap kerjasama pelaksanaan KSN antara SMA dan MA bisa terus berlanjut ke depannya. Sehingga, kegiatan untuk menghasilkan generasi unggulan tersebut, berlangsung baik dari tahun ke tahun.

Terpisah, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni yang diminta tanggapannya soal KSNP yang digelar di MAN Insan Cendekia Padangpariaman. “MAN Insan Cendekia Padangpariaman menjadi semangat baru bagi pendidikan kita. Jadi, kita sangat beruntung MAN Insan Cendekia berdiri di Padangpariaman,” ujar Ali Mukhni yang telah dinobatkan Kementerian Agama sebagai Bupati Peduli Pendidikan Islam ini.

Untuk itu, ia berharap KSNP yang digelar di MAN Insan Cendekia Padangpariaman, berlangsung sukses hingga hari terakhir pelaksanaannya. “Semoga peserta didik hasil KSNP di MAN Insan Cendekia Padangpariaman bisa membanggakan Sumbar ke tingkat nasional hingga internasional nantinya,” pungkas bupati peraih Dwija Praja Nugraha dari PB PGRI tersebut.  (da.)

  • Bagikan