Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

MAN IC Padangpariaman Melenggang ke Tingkat Nasional

  • Bagikan
Kepala MAN IC Padangpariaman, Hendrisakti Hoktovianus, mengapresiasi siswa dan tenaga pengajarnya yang telah mencapai hasil terbaik di KSN Provinsi Sumbar, sehingga bisa melanjut ke tingkat nasional. (Foto: Istimewa)

Padangpariaman | Datiak.com – MAN Insan Cendekia (IC) Padangpariaman benar-benar mendapat berkah. Setelah dipercaya menjadi tuan rumah Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Provisi Sumatera Barat, dua siswanya juga sukses dalam kompetisi itu. Yakni di bidang studi matematika dan ekonomi. Artinya, dua siswa MAN IC Padangpariaman tersebut, bakal mewakili sumbar ke KSN tingkat nasional.

“Kita sudah tiga periode mengikuti KSN ini. Alhamdulillah, yang sekarang kita diberi kesempatan oleh Allah SWT unjuk mewakili Sumbar ke KSN tingkat nasional yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Kepala MAN Insan Cendekia Padangpariaman, Hendrisakti Hoktovianus, Selasa (8/9).

Untuk mencapai jenjang nasional, imbuh Hendrisakti, tentunya membutuhkan perjuangan keras dan kegigihan. Baik oleh para tenaga pengajar, terlebih siswa/siswi MAN Insan Cendekia Padangpariaman. “Sebelum masuk ke tingkat nasional itu, kita berjuang di tingkat kabupaten dan provinsi,” ujarnya.

Di dua tingkat itu, para peserta KSN berlomba di berbagai bidang ilmu. Yakni matematika, fisika, bimia, biologi, ekonomi, astronomi, kebumian, geografi, dan informatika komputer. “Pas KSN tingkat provinsi, sebanyak 13 siswa/siswi kita yang ikut berkompetisi. Alhamdulillah, kita berhasil di dua bidang, yaitu matematika dan ekonomi,” ungkapnya.

Untuk itu, Hendrisakti berterima kasih kepada seluruh pihak yang medukung kegiatan pesera didiknya mengikuti KSN 2020 ini. Terutama orang tua siswa dan guru pembimbing. Ia yakin setiap usaha ikhlas, gigih dan teliti, pasti mendapat kemudahan mencapai hasil yang baik.

“Mari bersama-sama bekerja demi hasil yang baik. Sebab, hasil tidak akan membohongi proses. Tiada hasil tanpa usaha, tiada usaha tanpa doa,” pungkasnya.

Saking bangganya dengan capaian itu, salah seorang tenaga pengajar MAN Insan Cendekia Padangpariaman, Nur Azizi, membuat tulisan berjudul September Ceria dalam blog gurusiana.id.

Ia sangat mengapresiasi dua siswanya yang meraih medali emas dalam KSN tingkat Sumbar. Yakni Yuzi Maiza Putra di bidang studi matematika, dan Ibnu Khairi Alfarisi pada mata pelajaran ekonomi.

Apresiasi Ali Mukhni

Terpisah, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengaku turut senang dan bangga terhadap capaian para siswa/siswi MAN Insan Cendekia Padangpariaman. Menurutnya, prestasi itu tidak lepas dari pendidikan maksimal yang disalurkan para gurunya, serta pembinaan yang baik oleh Kepala MAN IC Padangpariaman, Hendrisakti Hoktovianus.

“Diusia MAN kita yang masih muda sudah mengantongi banyak prestasi. Lebih membanggakan lagi sekarang ini, karena akan mewakili Sumbar dalam KSN tingkat nasional,” ujar bupati peraih Penghargaan Peduli Pendidikan Islam dari Menteri Agama tersebut.

Ali Mukhni mengatakan, keberadaan MAN Insan Cendekia Padangpariaman salah satu bukti nyata pentingnya pendidikan. Untuk itu, dirinya tidak henti-hentinya berjuang mewujudkan berbagai fasilitas pendidikan di Ranah Saiyo Sakato tersebut.

“Pendidikan itu investasi masa depan. Kalau kita membangun fasilitas pendidikan, berarti kita membangun masa depan. Makanya, kita selalu berjuang untuk menyediakan beragam pilihan pendidikan di Sumbar ini,” pungkas bupati peraih Dwija Praja Nugraha dari PB PGRI tersebut. (da.)

MAN IC Padangpariaman Melenggang ke Tingkat Nasional 2

  • Bagikan