Iklan Melayang
Iklan Melayang

Usai Bersalaman R Dinyatakan Positif Corona

  • Bagikan
Ilustrasi orang yang sedang bersalaman. Cara silaturahmi salaman ini paling banyak digunakan di Indonesia. Namun, karena pandemi covid-19, salaman ini dianjurkan untuk tidak dilakukan terlebih dahulu. (Foto: Internet)
banner 468x60

Dharmasraya – R, menjalani rapid test (tes cepat), di RSUD Sungai Dareh, Rabu (15/4). Mengejutkan, warga Dharmasraya itu dinyatakan positif covid-19. Pria 66 tahun itu diduga terpapar virus corona, usai kontak fisik dengan J (59 tahun).

banner 336x280

Seperti diketahui, J yang merupakan warga Nagari Koto Laweh, Kecamatan Koto Besar, sebelumnya juga dinyatakan positif corona melalui rapid test.

“Informasi petugas kesehatan kita, R sempat bersalaman dengan J usai sholat Maghrib berjamaah di masjid,” ujar Juru Bicara Penanganan Covid-19 Dharmasraya, Rahmadian.

Walau begitu, informasi tersebut menurutnya baru bersifat dugaan. Sebab, pihaknya juga melakukan rapid test terhadap salah seorang jemaah berdekatan dengan J saat sholat Jumat. Begitupun istri dan anak J, sudah mengikuti rapid test tersebut. Hasilnya, mereka dinyatakan negatif virus mematikan itu.

“Orang yang kontak dengan J jumlahnya 16 orang. Seluruhnya sudah mengikuti rapid test. Hanya R yang dinyatakan positif,” ungkap Rahmadian.

Besok (16/4), katanya akan dilakukan pengambilan sampel pertama R. Selain itu, J juga akan kembali diambil sampel swab-nya untuk yang kedua kalinya. Diperkirakan, pelaksanaan pengambilan sampel swab itu dilaksanakan pukul 7.30 WIB, di RSUD Sungai Dareh.

Kini, R dan J masih diisolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Namun, kedua pria tua tersebut diawasi secara ketat oleh Satgas Penanganan Covid-19 Dharmasraya, TNI dan Polri, serta pihak nagari tempat tinggalnya.

Seperti diketahui, J adalah warga Dharmasraya yang pertama dinyatakan positif covid-19 melalui rapid test. Ia diketahui baru kembali dari Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan baru-baru ini. Namun, J tidak bisa dipastikan terpapar covid-19 di sana.

Sebab, salah seorang keluarganya juga ada yang baru kembali dari Yogyakarta yang juga daerah terpapar virus yang pertama berkembang di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok tersebut.

Update Covid-19 Dharmasraya

Dari data yang dihimpun Datiak.com di website resmi Dharmasraya Tanggap Corona, Rabu (13/4), tercatat Jumlah Pelaku Perjalanan ke daerah Terjangkit (PPT) sebanyak 5.596 orang. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 229 orang. Lalu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 4 orang. Beruntung, 2 orang PDP tersebut dilaporkan sudah sembuh.

Sedangkan untuk pasien positif virus mematikan tersebut, sampai kini belum ada di daerah yang terletak di ujung tenggara Provinsi Sumatera Barat tersebut. Semoga saja, R dan J yang dinyatakan positif covid-19 via rapid test, mendapatkan hasil negatif setelah dilakukan uji swab nantinya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan