Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Maksimalkan Zakat di Mentawai, Baznas Gelar Pelatihan

  • Bagikan
Maksimalkan Zakat di Mentawai
Sekda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan, saat memberikan sambutan dalam pelatihan yang digelar Baznas Mentawai. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Untuk memaksimalkan zakat di Mentawai, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Mentawai menggelar pelatihan Unit Pengumpulan Zakat, Senin (5/7). Selain meningkatkan kompetensi pengurus Baznas Kepulauan Mentawai, pelatihan tersebut diharapkan bisa menjadi ruang perluasan informasi zakat ke depannya.

Pelatihan yang digelar di Aula Sekretariat Daerah Km 5 Desa Tuapejat tersebut, dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan. Katanya, pelatihan itu untuk penyebarluasan informasi mengenai zakat kepada seluruh pegawai/karyawan yang beragama islam, di lingkungan instansi masing-masing. Khusunya di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Kegiatan sosialisasi juga untuk mendorong peningkatan kompetensi bagi pengurus amil zakat agar mampu mengelola zakat yang amanah, profesional dan tangguh. Lalu diharapkan dapat memaksimalkan zakat di Mentawai,” harapnya.

Katanya, pelatihan ini penting untuk memastikan agar Baznas memiliki standar yang sama dalam bekerja. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan Baznas bisa dipertanggungjawabkan secara transparan, akuntabel, dan mempunyai pengetahuan lebih luas tentang pengelolaan dana umat tersebut.

“Baznas akan selalu mengupayakan untuk pendistribusian dan dapat dipertanggungjawabkan, transparan, merata dan akuntabel di mata masyarakat,” hemat Sekda.

Manfaat zakat tersebut, menurutnya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014. “Semoga apa yang diajarkan dalam pelatihan ini bisa diimplementasikan untuk mendukung memaksimalkan zakat di Mentawai,” tukas Martinus Dahlan. (da.)


Temukan berita Mentawai hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan