Maksimalkan Program Puskesmas Ramah Anak

  • Bagikan
Puskesmas layak anak menjadi komitmen Pemko Solok. Salah satunya di Puskesmas Tanahgaram yang sudah terakreditasi Utama.

Kota Solok | Datiak.com – Pemko Solok terus kembangkan program puskesmas dengan pelayanan ramah anak. Sebab, penerapan pelayanan ramah anak di puskesmas salah satu subtansi, yaitu klaster tentang kesehatan dasar dan kesejahteraan.

”Puskesmas merupakan pelayanan kesehatan terdepan. Salah satu fungsinya yaitu pemberdayaan keluarga agar mampu memenuhi hak dan kesehatan anak,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Solok, Dessy Syafril.

Ia mengimbau seluruh petugas prima melayani masyarakat, sehingga dapat mewujudkan Kota Solok menjadi Kota Layak anak. Untuk menjadi Puskesmas Ramah Anak, harus memenuhi sejumlah indikator terlebih dahulu.

Indikator yang dimaksud yaitu adanya SDM yang terlatih, pusat informasi hak anak atas kesehatan, ruang bermain ramah anak, tersedianya ruang ASI, kawasan tanpa rokok, sanitasi lingkungan yang sesuai standar, dan tersedianya sarana prasarana bagi penyandang disabilitas.

Dalam pelayanan kesehatan di puskesmas, ia meminta petugas memberikan pelayanan berprinsipkan non diskriminasi. Yakni dengan memberikan pelayanan dan kepentingan terbaik bagi anak, memberikan hak kelangsungan hidup anak dan perkembangan anak, serta penghargaan kepada pendapat anak.

Untuk diketahui, di Kota Solok ada 4 puskesmas. Semuanya telah terakreditasi. Dua diantaranya yaitu Puskesmas Tanjungpaku terakreditasi Paripurna, dan Puskesmas Tanahgaram berhasil meraih re-akreditasi Utama. Predikat ini diraih sebagai bentuk komitmen Pemko Solok meningkatkan mutu keselamatan dan kepuasan pasien.

Ke depannya, pihaknya terus melakukan pembinaan peningkatan mutu dan kinerja. Caranya dengan perbaikan berkesinambungan terhadap sistem manajemen dan penyelenggaraan pelayanan dan program. Selain itu, menerapkan manajemen risiko. (da.)

  • Bagikan