Selasa, 20 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Lowongan Kerja BUMN 2023 Lulusan SMA Bisa Ikut: Ada 626 Formasi, Ini Tips Lulus

BUMN membuka rekrutmen bersama 2023
5128 pembaca
Rekrutmen bersama BUMN 2023 ini sudah mulai berlangsung. Lowongan kerja BUMN 2023 ini, tentunya peluang besar bagi para pencari kerja. Jadi, jangan sia-siakan ya. Yuk simak cara ikut dalam rekrutmen ini.

LOWONGAN kerja BUMN 2023 ini kuotanya cukup besar. Setidaknya, ada sebanyak 626 formasi yang disediakan. Menariknya, peluang ini tidak saja untuk lulusan Diploma III (D-III), D-IV/S-1 dan S-2, tetapi juga bagi penyandang pendidikan terakhir SMA/SMK sederajat.

Registrasi untuk lowongan kerja BUMN 2023 ini, dibuka sejak Kamis (11/5/2023), dan berakhir pada Sabtu (20/5/2023). Artinya, tinggal 5 hari lagi kesempatan yang tersedia. Makanya, buruan ikutan sebelum pendaftaran berakhir.

A. Pastikan dan Persiapkan Syarat Sebelum Mendaftar

Jangan buru-buru ya. Sebelum mendaftar pastikan kamu sudah memenuhi syarat. Untuk usia, bagi lulusan SMA sederajat disyaratkan maksimal berumur 25 tahun. Sedangkan D-III maksimal usianya 27 tahun, D-IV/S-1 maksimal 30 tahun, dan S-2 maksimal berusia 35 tahun.

Nah, kalau sudah yakin memehuni syarat usia itu, selanjutnya pastikan nilai kamu memenuhi kriteria. Untuk lulusan D-III dan S-1/D-IV, minimal IPK-nya 3.00. Sedangkan yang berijazah S-2, IPK minimalnya 3.25. Ketentuan ini untuk IPK skala 4.00, ya Sob.

Sedangkan untuk lulusan SMA/SMK sederajat, syarat nilai minimal yang ditetapkan untuk bisa ikut lowongan kerja BUMN 2023 ini, yaitu 75 pada skala nilai 100. Ini tentunya syarat minimal yang sangat rendah. Artinya, besar peluang lulusan SMA/SMK sederajat dapat mengikutinya.

Tidak hanya itu ya. Masih ada syarat wajib lainnya yang mesti Sobat persiapkan sebelum memulai mendaftar. Berikut penulis rangkum per poinnya:

  1. Foto profil/pas foto/swafoto;
  2. Ijazah atau surat keterangan lulus;
  3. transkrip nilai bagi lulusan D-III hingga S-2, dan atau nilai ujian lulus sekolah bagi lulusan SMA sederajat;
  4. Terakhir dokumen kependudukan, seperti KTP dan KK.

Selain syarat-syarat wajib itu, terdapat pula syarat (opsnal/jika ada) yang direkomendasi kepada para pelamar  lowongan kerja BUMN 2023 ini. Setidaknya, 2 syarat opsnal berikut ini:

  1. Membuktikan kesehatan secara jasmani dan rohani serta bebas narkoba. Dokumen pembuktian ini bisa diperoleh dari Puskesmas dan RSUD terdekat dengan tempat tinggal Sobat;
  2. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dapat diurus di Kantor Polres di daerah Sobat;
  3. Terakhir, buatlah Curiculum Vitae (CV) yang menarik dan simpel.
  4. Mempersiapkan sertifikat pelatihan kompetensi atau dokumen pengalaman kerja; dan
  5. Menyiapkan dokumen rekomendasi dari komunitas, seperti komunitas di bidang olahraga/kreator digital, komunitas start up, dan atau komunitas seni.