Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Longsor di Tanah Datar: 1 Orang Tewas, Belasan Rumah Rusak

Kejadian longsor di Koto Laweh, Tanjung Alam yang menelan korban jiwa. (Foto: BPBD Tanah Datar)
187 pembaca

Tanah Datar | Datiak.com – Kejadian pohon tumbang dan longsor di Tanah Datar, mengakibatkan satu orang tewas, belasan rumah rusak parah, dan akses fasilitas umum terputus. Kejadian ini dipicu oleh curah hujan lebat yang terus mengguyur wilayah Tanah Datar sejak Minggu-Senin (17-18/12/2023).

Dari laporan BPBD Tanah Datar, kejadian tanah longsor di Tanah Datar yaitu di Tabek Kecamatan Pariangan, batas Tanah Datar dan Agam di Jorong Koto Laweh, Nagari Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru, Supayang dan Situmbuk Kecamatan Sungai Tarab, dan Jorong Mawar 1 dan 2 Nagari Lubuk Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara.

Petugas dari Pusdalops BPBD Tanahdatar, Dinas PUPR, TNI, dan Polri telah dikerahkan untuk melakukan penanganan dan pembersihan di lokasi-lokasi terdampak. Kepala BPBD Tanah Datar, Yusnen, menyampaikan bahwa upaya pembersihan masih terus dilakukan oleh petugas.

Di Tabek Pariangan, Tanjung Alam, dan Lintau Buo Utara, bencana tanah longsor dan pohon tumbang mengakibatkan akses jalan putus dan beberapa rumah rusak parah. Terjadi pula kejadian naas saat tim Satgas melakukan pembersihan di Koto Laweh, Tanjung Alam.

Saat longsor susulan terjadi, dua pengendara tertimbun material longsor, menyebabkan satu orang tewas dan satu orang lainnya mengalami luka kritis. Yusnen mengimbau masyarakat untuk tetap waspada mengingat curah hujan yang masih tinggi.

“Bencana tanah longsor dan pohon tumbang terus terjadi, dan kami mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dan menghindari daerah rawan bencana,” ujarnya.

Di Jorong Mawar 1 dan 2, Nagari Lubuk Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara, beberapa rumah rusak berat akibat longsor di Tanah Datar itu. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Kepala Jorong Mawar 1, Gamal Abdul Nasher, mengingatkan warga untuk tetap waspada dan mencari lokasi yang aman, mengingat kawasan tersebut rawan bencana.

Beberapa rumah yang mengalami kerusakan berat yaitu milik Tiadi, Erison Batang Jungkang, Sahurman, Ramilis, Febby Candra, Buyua, dan rumah milik Siyom Tati.

Longsor di Tanah Datar juga menimbun area persawahan milik Rasyid Dt Sinaro dan mengakibatkan rusak berat. Selain itu, halaman rumah milik KJ di Mawar I terban dan dibawa arus air.

Gamal menegaskan bahwa warga diminta untuk tetap waspada dan siaga di kediaman masing-masing. “Imbauan untuk tetap siaga sudah kita edarkan, kami takutnya ada susulan yang lebih besar. Kami juga tidak mengungsi karena instruksi dari dinas terkait belum ada arahan,” tuturnya. (*)