Iklan Melayang
Iklan Melayang

Longsor di Kabupaten Solok Melanda Sejumlah Nagari

  • Bagikan
Longsor di Kabupaten Solok yang menimbun badan jalan di Nagari Paninjauan. (Foto: Istimewa)
banner 468x60

Kabupaten Solok | Datiak.com – Longsor di Kabupaten Solok melanda sejumlah nagarinya. Salah satunya yang terletak di Kecamatan X Koto Diatas. Sejumlah jorong yang kini mengalami tanah terban di sana, sulit diakses. Yakni Jorong Batu Laweh, Jorong Sikumuah dan Jorong Kubu.

Hal itu pasca hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut sejak beberapan hari belakangan. “Saat ini untuk ke Jorong Batu Laweh belum bisa diakses. Pasalnya, material longsor cukup besar dan butuh alat berat untuk membersihkannya,” kata Wali Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto Diatas, Darsel Ilyas.

banner 336x280

Tak hanya itu, lahan pertanian warga juga terkena dampak longsor di Kabupaten Solok tersebut. “Saat ini, kami belum bisa menyimpulkan kerugian maupun jumlah titik longsor. Pasalnya, hujan masih belum reda dan dikhawatirkan akan ada longsor lain beberapa titik,” ungkapnya seraya mengatakan saat ini (kemarin sore, red) tim dari Pemkab Solok serta masyarakat masih melakukan pembersihan material.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Solok, Armen menyebut titik longsor di kecamatan X Koto Diatas tersebar di empat nagari. Yakni di Nagari Katialo, Nagari Paninjauan, Nagari Sulitaie dan Sibarambang. “Akses menuju Sulitaie memang sempat terputus. Tapi saat ini (kemarin sore, red) sudah bisa dilewati. Tinggal yang di Katialo dan Paninjauan yang saat ini petugas masih bekerja,” katanya.

Katanya, ada dua titik longsor yang cukup besar. Yakni di Paninjauan dan Katialo. Sehingga, pembersihan material di sana harus menggunakan alat berat. Kondisi itu tentunya membutuhkan waktu pembersihan yang cukup panjang. Sehingga, masyarakat diharapkan bersabar terlebih dahulu.

“Kendala saat ini yakni alat berat cuma satu unit. Jadi harus bergantian membersihkan material longsor. Dampaknya proses pemulihan agak sedikit tersendat. Diprioritaskan dulu di titik-titik yang cukup parah,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat yang berada di kawasan rawan longsor selalu waspada. Sehingga, kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa. “Tingkatkan kehati-hatian dengan selalu memperhatikan sekitar kita. Terlebih bagi masyarakat yang tinggal di titik rawan longsor,” pungkasnya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan