Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Lima Calon Kepala Desa Tuapejat Ditetapkan

  • Bagikan
Calon Kepala Desa Tuapejat
Lima Calon Kepala Desa Tuapejat usai penetapan dan pencabutan nomor urut di Aula Kantor Desa Tuapejat, Senin (31/5). (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Calon Kepala Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, sudah ditetapkan di Aula Kantor Desa Tuapejat, Senin (31/5). Jumlahnya sebanyak lima orang. Yakni Jonar Tamba, Santono, Basyaruddin, Pusuibiat, dan Bujang.

Kelima tokoh masyarakat Tuapejat tersebut, ditetapkan sebagai calon setelah memenuhi seluruh persyaratan pada proses pencalonan. Hal itu sesuai dengan Peraturan Bupati Kepulauan Mentawai Nomor 3 Tahun 2021, yang telah diubah menjadi Perbup Kepulauan Mentawai No. 15 Tahun 2021, tentang Penjaringan dan Penetapan Calon Kepala Desa.

“Mulanya jumlah calon yang mendaftar sebanyak tujuh orang. Hanya saja, lima orang yang berhasil memenuhi syarat hingga ditetapkan sebagai calon kepala desa,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Tuapejat, Arkhelaus, kemarin.

BACA JUGA:  Nagari Gadua, Kecamatan Enam Lingkung, Padangpariaman

Arkhelaus menjelaskan bahwa pemilihan kepala desa di Tuapejat bakal dilaksanakan 16 Juni 2021. Untuk itu, di waktu yang singkat tersebut, ia berharap para calon kepala desa di sana bisa mengontrol diri. Begitupun pendukungnya.

“Kita harus utamakan stabilitas dan ketenteraman desa. Jadi, harapan kita semua tentunya ciptakanlah kompetisi yang sehat, sehingga tidak menuai kegaduhan di masyarakat atau lingkuangan desa kita,” saran Arkhelaus.

Selain penetapan lima calon kepala desa, lanjut Arkhelaus, pada Senin (31/5) tersebut langsung dilaksanakan pencabutan nomor urut kelima calon. “Sekarang tinggal bersiap jelang hari pemilihan. Semoga aman dan lancar,” tukasnya.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tuapejat, Fatijiduhu Halawa, juga memberikan saran kepada kelima calon kepala desa tersebut. Menurutnya, merekalah kunci utama terwujudnya kondisi aman dan damai sampai pemilihan dilaksanakan.

BACA JUGA:  Mahyeldi Rasakan Langsung Kesulitan Petani Kopi

“Kalau para calon sportif, pendukung pasti akan mengikutinya. Sehingga, hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi di desa kita. Baik menjelang, terlebih saat pemilihan berlangsung,” hematnya.

Fatijiduhu juga mengemukakan harapannya kepada lima Calon Kepala Desa Tuapejat tersebut, agar amanah apabila menjadi kepala desa terpilih nantinya. Dengan begitu, mereka pasti mampu menjaga komitmen memajukan Desa Tuapejat.

“Siapapun yang berhasil mendapatkan kepencayaan masyarakat dengan meraup suara terbanyak, harus bisa menjadi pemimpin yang dapat membuat Desa Tuapejat lebih maju,” harap Fatijiduhu. (da.)

  • Bagikan