Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Lantai Rumah Kartini Keluarkan Hawa Panas

  • Bagikan
Lantai rumah Kartini yang mengeluarkan hawa panas di pagar menggunakan tali dan dihalangi kursi.
Foto: Istimewa

Dharmasraya | Datiak.comFenomena aneh terjadi di lantai rumah Kartini yang terletak Jorong Sungai Balik, Nagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulaupunjung, Dharmasraya. Kejadian itu pertama kali diketahui oleh anak Kartini yang bernama Fazura (5 tahun). Namun, baik Kartini ataupun suaminya, tidak merespon pertakataan bocak itu.

Selang empat hari, udara panas makin meluas dirasakan di lantai rumah Kartini yang dilapisi keramik. Sehingga, Kartini dan suaminya pun langsung melaporkan fenomena itu kepada kepala jorong setempat, Kamis (13/5). Kejadian itu langsung disampaikan ke BPBD Dharmasraya.

Menyikapi kondisi tersebut, tim dari BPBD Dharmasraya didampingi Babinkamtibmas, Babinsa dan aparat nagari, langsung mendatangi rumah Kartini dan memasang tali pembatas. Tujuannya, agar tidak ada orang yang melewati titik sumber panas.

BACA JUGA:  Kebakaran di Padang Habiskan Tiga Rumah dan Lima Kontrakan

“Hawa panas semakin lama semakin meningkat, kami khawatir dengan kondisi aneh tersebut dan berharap dapat kepastian tentang hal ini,” ungkap Marto suami Kartini.

“Sebelumnya sekitar beberapa menit yang lalu lantai tersebut masih bisa kami raba dengan tangan. Sekarang sudah tidak bisa lagi, lantaran hawa panas makin bertambah,” imbuh Baluk, adik Kartini.

Terkait fenomena aneh tersebut, Kepala BPBD Dharmasraya, Eldison, mengimbau sumber panas di lantai rumah Kartini itu dihindari, sampai diperoleh kepastian penyebab timbulnya panas. “Kita meminta pemilik rumah untuk sementara menjauh dari dalam rumah, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” saran Eldison.

Untuk tempat penampungan sementara para pemilik rumah, BPBD Dharmasraya mendirikan tenda darurat. Terkait dengan fenomena tersebut, Eldison juga menjelaskan jika pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (Dinas ESDM) Sumbar.

BACA JUGA:  Corona Menakutkan, Mabuk-mabuk dan Wanita Menyenangkan

“Berdasarkan koordinasi tersebut pihak ESDM berjanji dalam waktu dekatakan segera ke Dharmasraya guna menyelidiki fenomena apa yang terjadi di lantai rumah Kartini tersebut,” pungkas Eldison. (da.)

  • Bagikan