Iklan Melayang
Iklan Melayang

Lahan Sawah di Padang Terus Berkurang

  • Bagikan
Kepala Dinas Pertanian Padang Syahrial Kamat memaparkan kondisi pertanian di Kota Padang, Kamis (15/4). Ia menjelaskan bahwa lahan sawah di Padang mengalami pengurangan dalam 5 tahun terakhir.
Foto: Diskominfo Kota Padang
banner 468x60

Padang | Datiak.com – Selama lima tahun terakhir, luas lahan sawah di Padang berkurang 1.006 hektare. Hilangnya lahan sawah tersebut akibat alih fungsi lahan. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat, saat diseminasi informasi publik yang gelar Diskominfo Padang di Media Center Balaikota Aiepacah, Kamis (15/4).

Syahrial menjelaskan, tahun 2016, Dinas Pertanian Padang masih mencatat lahan sawah seluas 6.418 hektare. Setelah didata kembali, lahan sawah yang ada ternyata hanya seluas 5.412 hektare. “Ini dalam rentang waktu sepanjang tahun 2015-2020,” ungkap Syahrial Kamat.

banner 336x280

Untuk antisipasi berkurangnya lahan sawah tersebut, sambung Syahrial Kamat, sudah ada Undang Undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLPPB). Jadi, daerah harus menetapkan lahan pertanian pangan IST berkelanjutannya. “Berapa luasnya nanti dipatok berdasarkan kesepakatan RTRW,” jelas Syahrial.

Namun, saat ini, Dinas Pertanian baru mendata kemudian mencocokkan ke Badan Pertanahan serta mendiskusikannya dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang, untuk mencari data yang cocok. Sebab, Bappeda bertahan dengan angka RTRW sebanyak 2.800 hektare lahan sawah di Kota Padang yang bisa dipertahankan sampai tahun 2030.

“Sementara di data kita luas sawah itu dapat dipertahankan minimal 4.000 hektare. Namun, angka ini belum cocok, makanya tahun ini kita cari kesepakatan,” ungkapnya.

Jadi berdasarkan kesepakatan itulah nantinya diketahui berapa lahan sawah sesuai PLPPB di Kota Padang. “Apakah tetap bertahan sesuai RTRW seluas 2.800 hektare atau 4.000 hektare,” tuturnya.

Syahrial menambahkan, alih fungsi lahan sulit dipertahankan karena sebagian lahan pertanian tersebut berada di tepi jalan. “Makanya hitung-hitungan kita sekitar 3.500 sampai 4.000 hektare sawah bisa dipertahankan ke depannya,” sebutnya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan