Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Lagi, Penemuan Jasad Bayi di Padang: Apa yang Terjadi?

Petugas kepolisian saat melakukan identisifikasi jasad bayi yang tergeletak di Pantai Muara Ulak Karang, Kelurahan Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara. (Foto: Humas Polres Padang)
87 pembaca

Padang | Datiak.com – Lagi, penemuan jasad bayi buat geger warga Kota Padang. Sebelumnya, jasad bayi ditemukan dalam selokan. Kali ini, bayi dalam kondisi meninggal, ditemukan warga tergeletak di pantai.

Kondisi ini tentunya membuat pilu masyarakat yang menyaksikannya. Sekaligus, geram dengan pelaku yang tega membuang bayi tak berdosa itu. Tak sedikit masyarakat hingga warga net yang mengutuk tindakan keji tersebut.

Kasi Humas Polresta Padang, Ipda Yanti Delfina, mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima laporan terkait penemuan jasad bayi tersebut. Penemuannya pada Kamis pagi (8/2/2024) sekitar pukul 07.30 WIB.

“Bayi itu pertama kali dilihat oleh seorang nelayan yang sedang menjaring ikan. Lokasinya di Pantai Muara Ulak Karang, Kelurahan Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara,” jelasnya, kemarin.

“Saat itu saksi sedang menjaring ikan. Ia mencium bau kurang sedap. Saksi kemudian mendekati sumber bau tersebut dan menemukan jasad bayi perempuan dengan tali pusar yang masih belum terlepas,” sambungnya.

Yanti menjelaskan bahwa setelah mengetahui penemuan jasad bayi tersebut, saksi segera memberitahukan security UBH. Kemudian, security menghubungi Bhabinkamtibmas Ulak Karang Utara, Aipda Syamsul Deni.

Selanjutnya, melaporkan kejadian ini kepada piket SPK, Reskrim, dan Intel di bawah pimpinan Pawas Iptu Tarmizi. Lalu, petugas mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan menghubungi piket identifikasi.

Berdasarkan hasil identifikasi sementara, jasad bayi tersebut memiliki tali pusar yang masih utuh, kulit ari masih membungkus kepala dan tangan bayi. Diperkirakan usia jenazah bayi perempuan tersebut mencapai sekitar 9 bulan.

“Setelah melakukan olah TKP oleh Unit Identifikasi Polresta Padang bersama Polsek Padang Utara, jasad bayi tersebut dibawa ke RS Bhayangkara Polda Sumbar untuk dilakukan visum luar, dan proses penyelidikan lebih lanjut,” tambahnya.

Yanti menegaskan bahwa pihak kepolisian masih aktif melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi orang tua atau ibu kandung dari bayi perempuan yang diduga dibuang dan ditemukan oleh warga setempat.

“Pihak kepolisian akan terus melakukan upaya penyelidikan guna mengetahui identitas orang tua dari bayi tersebut,” pungkas Ipda Yanti. (*)