Kupas Cara Dorong Eksistensi Pemuda Sukseskan Pilkada

  • Bagikan
Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Padangpariaman, Erik Estarda (dua dari kiri depan), menjelaskan pentingnya peran aktif pemuda menyukseskan Pilkada. Untuk itu ia mengapresiasi Karang Taruna Ulakan Tapakis yang mendorong eksistensi pemuda sukseskan Pilkada. (Foto: Istimewa)

Padangpariaman | Datiak.com – Pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Kecamatan Ulakan Tapakih, menggelar dialog terbuka di Aula Kantor Camat Ulakan Tapakih, di Nagari Sungai Gimba Ulakan, Sabtu (7/11). Mereka mengupas soal eksistensi pemuda sukseskan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah, yang akan digelar di Padangpariaman 9 Desember 2020.

Dalam dialog itu, dihadirkan tiga orang nara sumbar. Yakni Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Padangpariaman, Erik Estarda, Anggota DPRD Padangpariaman Syafrial Amir, serta akademisi dan pengamat politik Padangpariaman, Candra Kirana.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Ulakan Tapakis, Adi Saputra yang bertindak sebagai moderator, menilai bahwa peran pemuda sangat diharapkan dalam helatan demokrasi atau Pilkada. Sehingga, generasi muda berpartisipasi aktif, dengan memberikan suara dan mengajak masyarakat.

BACA JUGA:  Besok, Pedagang Pasar Raya Padang Divaksinasi Covid-19

Eksistensi pemuda sukseskan Pilkada, memurutnya juga berperan besar dalam memaksimalkan pengawasan. Selain itu, mereka pun dapat memberikan masukan dan tanggapan terhadap penyelenggaraan Pilkada. Sehingga, pesta demokrasi itu berjalan baik.

“Hasil dialog ini, sangat diharapkan dapat mendorong peran anggota Karang Taruna kita dalam melakukan sosialisasi dan edukasi masyarakat. Sehingga, partisipasi pemilih pemula di Kecamatan Ulakan Tapakis tinggi,” harap Adi.

“Hal penting lainnya yang bisa dilakukan teman-teman di Karang Taruna yaitu mendorong terwujudnya suasana yang damai dan kondusif dalam penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Padangpariaman,” imbuhnya.

Menambahkan, Ketua Pelaksana Dialog, Gerhana Rizki Anugerah Ilahi, menyampaikan bahwa pihaknya terinspirasi menggelar kegiatan itu, agar pemuda di Karang Taruna Ulakan Tapakih bisa berperan dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung tanggal 9 Desember mendatang.

BACA JUGA:  Desak Gubernur Sumbar Usut Tuntas Dugaan Korupsi Dana Covid-19

“Terima kasih kepada rekan-rekan panitia dan semua pihak, yang telah memberikan dukungan moril dan materil, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana. Semoga dialoig ini membawa pencerahan bagi kita kalangan muda dalam menatap pentingnya berpartisipasi di Pilkada,” pungkasnya.

Dukungan Kecamatan

Sedangkan Camat Ulakan Tapakih yang diwakili Kasi Trantib Anesa Satria, mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh generasi muda di Karang Taruna Ulakan Tapakih. Terlebih dialog tersebut dilaksanakan diwaktu yang tepat, sehingga pemuda bisa langsung menjelankan perannya.

“Anggota Karang Taruna, mulai sekarang mesti paham dengan ilmu politik dan praktek demokrasi. Sebab, sebentar lagi tongkat estafet kepemimpinan akan beralih kepada mereka. Untuk itu, mereka harus yakinkan masyarakat bahwa politik itu tidak kejam dan jahat,” ajak kasi yang akrab disapa Anes tersebut.

BACA JUGA:  Sosialisasi Cegah Corona, Kepala Kampung Dianiaya

Menurutnya, hal itu penting dilakukan pemuda agar partisipasi pemilih tinggi di Padangpariaman. Sehingga, hasil dari Pilkada pun memuaskan karena calon terpilih benar-benar dari partisipasi besar masyarakat di Padangpariaman.

“Jadilah media untuk membangun budaya politik yang santun dan beretika di masyarakat. Ciptakan suasana pesta demokrasi yang damai dan badunsanak. Jika itu dilakukan generasi muda, masyarakat usia di atasnya pasti lebih baik lagi memahami politik ataupun terlibat dalam politik itu sendiri,” pungkas Anes yang juga biasa dipanggil Datuak tersebut. (da.)

  • Bagikan