Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Kuota AUTSK di Tanahdatar Masih Tersisa untuk 379 Ekor Sapi

  • Bagikan
Kuota AUTSK di Tanahdatar tahun 2021
Kepala Dinas Pertanian Tanahdatar, Yulfiardi, menjelaskan bahwa Kuota AUTSK di Tanahdatar masih tersisa untuk 379 ekor sapi/kerbau. (Foto: Istimewa)

Tanahdatar | Datiak.com – Kuota AUTSK di Tanahdatar masih banyak yang belum terisi. Yakni untuk 379 ekor ternak sapi. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian Tanahdatar, Yulfiardi, yang didampingi Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Varia Warvis, serta Kasi Bina Usaha dan Pengelolaan Hasil Ternak, Indriani Hostina, kemarin (11/8/2021).

Yulfiardi menjelaskan bawah Tanahdatar memperoleh Asuransi Usaha Ternak Sapi dan Kerbau (AUTSK) dari Kementerian Pertanian RI, untuk 500 ekor ternak sapi atau kerbau. ”Hanya saja, dari 500 kuota AUTSK di Tanahdatar tahun 2021 ini, yang sudah terealisasi sampai per Juli baru 121 ekor. Sehingga masih ada kuota tersisa untuk asuransi 379 ekor sapi/kerbau lagi,” ungkapnya.

Sebenarnya, lanjut Yulfiardi, masyarakat sangat beruntung apabilang mengikuti program AUTSK. Sebab, asuransi yang harus dibayar sangatlah rendah. Yakni Rp 40 ribu per ekor ternak sapi/kerbaunya. Sebab, pemerintah memberi premi asuransi itu Rp 160 ribu per sapi/kerbau.

“Sebenarnya 1 ekor ternak itu asuransinya Rp 200 ribu. Jadi, subsidi yang diberi pemerintah itu sebanyak 80 persen per sapi/kerbau. Untuk harga pertanggungan per ekor sapi/kerbau yaitu Rp 10 juta,” katanya.

Melihat kondisi itu, lanjut Yulfiardi, tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Tanahdatar akan menganggarkan subsidi untuk 2.000 ekor ternak sapi/kerbau. Nilai preminya 20 persen dari harga pertanggungan atau Rp 40 ribu per ekor sapi/kerbau. Jadi, peternak di sana mau mengisi seluruh kuota AUTSK di Tanahdatar.

”Kita sudah usulkan anggarannya. Jumlah ini bisa saja berubah, tergantung kuota yang diberikan Kementerian Pertanian RI untuk Tanahdatar. Sehingga, diharapkan tahun depan masyarakat kita bisa gratis dalam program AUTSK di Tanahdatar, “ ujar Yulfiardi.

Syarat Mengisi Kuota AUTSK di Tanahdatar

Sementara itu, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Varia Warvis menyampaikan, selagi kuota AUTSK di Tanahdatar masih ada, masyarakat yang ingin peroleh asuransi untuk ternaknya, cukup cukup menghubungi petugas lapangan di masing-masing kecamatan. Setelah itu, menyerahkan fotokopi KTP dan bersedia ternaknya diberi nomor eartag (tanda nomor telinga).

“Kuota AUTSK di Tanahdatar yang telah terisi tahun 2021 yaitu di Kecamatan Tanjung Baru 37 ekor, Salimpaung 29 ekor, Padang Ganting 10 ekor, Tanjung Emas 23 ekor, Rambatan 12 ekor, Pariangan 6 ekor. Jadi totalnya 121 ekor. Sedangkan di tahun 2020, semua kecamatan totalnya 556 ekor ternak sapi atau kerbau,” paparnya.

Di sisi lain, lanjutnya, klaim asuransi yang telah dibayarkan tahun 2021, sebanyak 7 ekor ternak sapi atau kerbau. ”Klaim untuk ternak yang mati akan dibayarkan klaimnya sebesar Rp10 juta, ternak yang potong paksa sebesar Rp 5 juta, dan ternak hilang sebesar Rp 7 juta,” pungkasnya. (da.)


Temukan berita Tanahdatar hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan