Rabu, 28 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

KUA-PPAS APBD 2022 Dharmasraya Ditetapkan

Wakil Bupati Dharmasraya, DP Datuk Labuan saat menandatangani nota kesepakatan rapat paripurna penetapan KUA-PPAS APBD 2022 Dharmasraya. (Foto: Istimewa)
296 pembaca

Dharmasraya | Datiak.com – KUA-PPAS APBD 2022 Dharmasraya resmi ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD Dharmasraya, di Sekretariat DPRD Dharmasraya, Selasa (3/8/2021). Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menargetkan, pendapatan Dharmasraya sebesar Rp 716.876.048.102 di tahun 2022.

Wakil Bupati Dharmasraya, DP Datuk Labuan mengatakan, dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA–PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Dharmasraya tahun 2022, rencana pendapatan Kabupaten Dharmasraya tahun 2022 adalah sebesar Rp 716.876.048.102.

“Jumlah itu belum termasuk pendapatan Kabupaten Dharmasraya yang bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus) dan DID (Dana Insentif Daerah). Sebab, untuk perhitungannya masih menunggu ketetapan dari pemerintah pusat,” ujar wabup usai menandatangani nota kesepakatan dengan pimpinan DPRD setelah rapat paripurna.

“Sementara rencana belanja daerah, nilainya sebesar Rp 738.382.329.545. Jumlah ini juga belum memperhitungkan belanja yang bersumber dari DAK dan DID,” imbuh wabup usai rapat paripurna penetapan KUA-PPAS APBD 2022 Dharmasraya tersebut.

Penyusunan KUA-PPAS APBD 2022 Dharmasraya ini, lanjut wabup, tidak terlepas dari isu aktual dan pengaruh dari luar daerah. Sehingga, dapat merangkum mecara mendasar kebutuhan Kabupaten Dharmasraya tahun depan.

“Untuk itu kita perlu juga mencermati dan memperhatikan kondisi sosial, ekonomi, kesehatan dan peristiwa yang berkembang saat ini. Seperti masalah Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir,” hermatnya.

Arah KUA-PPAS APBD 2022 Dharmasraya

Ada pun arah kebijakan keuangan Kabupaten Dharmasraya yang tertuang dalam KUA-PPAS APBD 2022 Dharmasraya, tambah wabup, dialokasikan untuk memenuhi prioritas pembangunan daerah. Yakni pemerataan infrastruktur dalam peningkatan konektivitas antardaerah dan pengembangan ekonomi berbasis inovasi.

Selain itu, untuk peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, pembangunan yang berkelanjutan, serta pemajuan budaya dalam mewujudkan identitas daerah. (da.)


Temukan berita Dharmasraya hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

Avatar photo