Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Kronologi Penangkapan Irjen Teddy Minahasa Putra, Rekam Jejak dan Hartanya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, saat memberikan keterangan pers terkait kronologi penangkapan Irjen Teddy Minahasa Putra. (Foto: Divhumas Polri)
4232 pembaca

Kronologi penangkapan Irjen Teddy Minahasa Putra dijabarkan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Diduga, ia terlibat dalam jaringan narkoba yang disidik Polda Metro Jaya.

Kronologi penangkapan Irjen Teddy Minahasa Putra dijabarkan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jumat (14/10/2022). Saat ini, Teddy sedang menjalani proses lebih lanjut atas dugaan kasus narkoba yang menyeret namanya.

“Berkaitan dengan kasus narkoba, jadi telah beberapa kali saya berikan penugasan ke semuanya jajaran. Tidak ada yang main-main dengan kasus narkoba,” tegas Jenderal Sigit di hadapan awak media, di Mabes Polri.

Memulai penjabarannya soal kronologi penangkapan Irjen Teddy Minahasa Putra, Sigit menekankan bahwa memberantas narkoba harus benar-benar dijalankan. Dia pun memastikan bakal bertindak tegas terhadap anggota Polri yang tersangkut kasus narkoba. Tidak perduli apapun pangkatnya.

“Pemberantasan narkoba harus benar-benar ditegakkan. Saya selalu ingatkan, siapa-siapa saja yang terlibat, tidak peduli pangkat, posisinya apa, jelas ditindak keras. Sebab itu sudah menjadi komitmen untuk membersihkan (oknum-oknum badel, Red) di tubuh Polri,” ungkap Sigit.

Ia pun bercerita terkait penyidikan tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu, yang mengungkap jaringan narkoba. Lalu penyidik melaksanakan pengembangan terhadap kasus tersebut.

“Polda Metro Jaya berhasil mengungkap jaringan peredaran gelap narkoba beberapa waktu lalu, yang diterima dari laporan masyarakat. Sebanya 3 warga sipil pun diamankan,” kata Sigit.

“Lalu dilaksanakan pengembangan. Rupanya, kasus itu diduga mengikutsertakan anggota polisi berpangkat bripka, serta seorang anggota berpangkat kompol yang menjabat kapolsek. Atas dasar itu, saya meminta untuk tetap ditingkatkan, dan mengarah pada seorang pengedar,” tambahnya.

Dari tersebut, penyidik menduga ada andil oknum polisinya. Dan sesudah dipelajari, tampil nama oknum anggota Polri berpangkat AKBP, yang merupakan mantan Kapolres Bukittinggi. Hal itulah yang membuat Irjen Teddy Minahasa Putra diduga terlibat dalam kasus tersebut.

“Sekarang, Irjen TM telah ditetapkan sebagai terduga pelanggan, dan sudah diproses di tempat pengamanan khusus,” ungkap Jenderal Sigit.

Untuk lebih mengenal sosok Irjen Teddy Minahasa Putra ini, Datiak.com merangkum dari sejumlah sumber sekilas tentang karirnya, serta harga dan kekayaannya.