Iklan Melayang
Iklan Melayang

Kontingen Sumbar Ditarget 16 Emas di PON XX Papua

  • Bagikan
Wagub Sumbar Nasrul Abit didampingi Ketum KONI Sumbar, Syaiful, memasangkan masker kepada salah seorang atlet proyeksi PON XX Papua, saat menjalani latihan bersama di Sport Hall KONI Sumbar, Sabtu (8/8). (Foto: Istimewa)
banner 468x60

Padang | Datiak.com – Pengunduran PON XX Papua tidak menyurut tekad Pemprov Sumbar memotivasi atletnya. Bahkan, kontingen Sumbar ditarget meraih 16 keping emas. Hal itu disampaikan Wagub Sumbar, Nasrul Abit, Sabtu (8/8).

“Ya, semoga (kontingen Sumbar) bisa masuk 10 besar dengan target medali emas sebanyak 16 keping,” ungkap Nasrul saat meninjau latihan atlet proyeksi PON XX Papua, di Sport Hall Komplek GOR H Agus Salim.

banner 336x280

Ia berharap, target itu mampu menambah semangat dan motivasi atlet, pelatih dan jajaran KONI Sumbar. Sehingga, mereka melakukan serangkaian upaya maksimal dalam meraih prestasi terbaik, pada PON yang rencananya digelar Oktober 2021 itu.

“Meraih medali emas di ajang PON itu berat. Tapi kalau yakin, percaya diri serta atlet bisa berlatih dengan baik dan terarah oleh pelatih, itu bisa diraih,” hemat Nasrul.

Menanggapi target itu, Ketua KONI Sumbar Syaiful mengaku masih tetap optimis, karena pihaknya sudah mewanti-wanti atlet, pelatih dan pengurus, agar Sumbar bisa menoreh prestasi lebih baik lagi di PON nanti.

“Kita sedang berupaya untuk (target) itu, dan inilah yang harus dan sedang kita siapkan bersama atlet dan pelatih serta Pengprov Cabor yang lolos ke PON XX 2021 Papua, untuk bisa memaksimalkan program latihan yang telah disusun,” sebut Syaiful.

Untuk itu, pihaknya meminta atlet dan pelatih berlatih dengan giat. Sehingga, prestasi bisa sesuai dengan apa yang diharapkan Pemprov Sumbar. Menurutnya, yang paling menentukan capaian prestasi dan medali adalah atlet.

“KONI sebagai instansi teknis akan mempersiapkan dan mengupayakan segala hal yang dibutuhkan atlet dan pelatih. Mulai dari sarana dan prasarana, uang saku, termasuk biaya untuk uji coba. Kita sudah siapkan dengan dana yang ada,” sambungnya.

Kebutuhan Anggaran

Ketika ditanya berapa dana yang dibutuhkan untuk persiapan PON di 2021 nanti, Syaiful menyebutkan, dibutuhkan dana sekitar Rp 40 miliar untuk persiapan hingga keberangkatan ke PON XX 2021 Papua nanti.

“Untuk itu kita sangat berharap kepada Pemprov dan DPRD Sumbar dana yang dibutuhkan bisa masuk dalam APBD 2021 nanti. Karena jelang turun di PON nanti, tentunya banyak rangkaian uji coba yang perlu diikuti para atlet, untuk mengukur sejauh mana kemampuannya setelah menjalani latihan,” ujarnya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan