Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Kombes Pol Stefanus Satake: Itu Tidak Benar Beritanya

  • Bagikan
Kombes Pol Stefanus Satake tegaskan kabar OTT di Sumbar hoaks
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, menegaskan bahwa kabar OTT di Sumbar, Selasa malam (24/8/2021), adalah hoaks. (Grafis: Datiak.com)

Padang | Datiak.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) memastikan kabar Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pembelantasan Korupsi (KPK), Selasa malam (24/8/2021), adalah hoaks. Hal itu disampaikan langsung oleh Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Rabu (25/8/2021).

Kabar tersebut mulanya mengebohkan publik Sumbar, setelah diberitakan di salah satu portal berita terkemuka di Ranah Minang ini, yakni haluanpadang. Sehingga, awak media pun sempat ramai mendatangi Polda Sumbar, tadi malam (24/8/2021). Bahkan, awak media juga berupaya mengklarifikasi hal tersebut dengan menghubungi Kombes Pol Stefanus Satake, malam tersebut.

Namun, sekitar satu jam setengah kabar itu beredar, awak media tampaknya mulai menyadari ada kesalahan dalam kabar OTT oleh KPK tersebut. Terlebih lagi, dua petugas kepolisian yang piket penjagaan di Mapolda Sumbar tadi malam, mengatakan tidak kegiatan pemeriksaan di Mapolda Sumbar malam itu. Sehingga, awak media pun perlahan memutuskan kembali pulang.

BACA JUGA:  UU Cipta Kerja Disahkan, Massa Datangi DPRD Sumbar

Tadi (25/8/2021), Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake langsung mengklarifikasi kabar yang ramai sorotan publik Sumbar tersebut. “Jadi gini, bahwa itu tidak benar beritanya (kabar OTT KPK di Sumbar tadi malam, Red). Kami sedang menelusuri informasi itu, dia dapat dari mana. Kok langsung share aja,” kata Kombes Pol Stefanus Satake.

Pihaknya bahkan akan berkoordinasi dengan Dewan Pers, terkait pemberitaan OTT KPK tersebut. Sebab, menurutnya berita itu sudah membuat kegaduhan. “Kami akan komunikasi dengan Dewan Pers, kalau ada yang begini bagaimana (tindak lanjut). Kami koordinasi dengan Dewan Pers terkait media yang memberitakan ini,” tegasnya.

Polda Sumbar pun berharap kepada media, khususnya media online dapat menyaring informasi sebelum diberitakan. Kombes Pol Stefanus Satake mengungkapkan, harusnya dalam pemberitaan ada pihak berkompeten mengklarifikasi tentang kebenaran kegiatan OTT KPK.

BACA JUGA:  Pencuri Motor di Bukittinggi Ditembak saat Melarikan Diri

“Memang media online ini, media paling cepat. Tetapi setidaknya, kalau belum tentu kebenarannya jangan dibagikan, harus ada yang mengklarifikasi dululah. Karena ini berisiko, buat gaduh,” tukasnya.

Awal Hebohnya Kabar OTT di Sumbar

Salasa malam (24/28/2021), beredar kabar OTT KPK di Sumbar lewat pemberitaan portal berita terkemuka di Sumatera Barat, haluanpadang. Datiak.com pertama kali mendapatkan kabar itu di grup WhatsApp yang beranggotakan awak media. Masuknya kabar itu membuat sejumlah awak media berupaya melakukan konfirmasi dan klarifikasi ke Polda Sumbar.

Kabar itu bahkan ikut menyorot perhatian media besar di Indonesia. Yakni Kantor Berita Politik RMOL. Hanya saja, dari konfirmasi langsung Kantor Berita Politik RMOL ke Ketua KPK, terdapat gambaran bahwa kabar OTT itu tidak benar. Sebab, Ketua KPK mengaku tidak mendapatkan laporan soal itu dari penyidik KPK.

BACA JUGA:  Personel Polsek Sipora Kawal Ketat Vaksin Covid-19

Sehingga, Datiak.com yang sebelumnya melakukan followup terhadap pemberitaan haluanpadang, dengan cepat menerbitkan informasi terbaru yang diperoleh Kantor Berita Politik RMOL. Terlebih lagi, ketidakbenaran kabar itu juga dipertegas langsung oleh Kombes Pol Stefanus Satake, Rabu (24/8/2021). (da.)


Pesan Redaksi

Dalam hal ini Datiak.com mengaku turut meminta maaf apabila tindakan followup Datiak.com terhadap berita haluanpadang telah memicu keresahan publik. Sedikitpun, redaksi Datiak.com tidak berniat melakukan itu. Kami hanya mengabarkan kabar yang menghebohkan publik Sumbar semalam. Sebagai media siber, kami menayangkan pemberitaan secara cepat, dengan terus memperbaharui hingga memperoleh kebenaran dari sumber yang berwenang atau berkompeten terkait informasi tersebut. 


Temukan berita Padang hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan