Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Kodim 0319 Mentawai Proyeksikan Perbanyak Koramil

  • Bagikan
Komandan Kodim 0319 Mentawai, Letkol Czi Bagus Mardyanto, ketika diwawancarai awak media usai memperingati HUT ke-75 TNI, Senin (5/10). (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0319 Kepulauan Mentawai memulai perumusan pengembangan Komando Rayon militer (Koramil). Pasalnya, sekarang baru terdapat 4 Koramil dari 10 kecamatan di Bumi Sikerei tersebut. Hal itu disampaikan oleh Komandan Kodim 0319 Mentawai, Letkol Czi Bagus Mardyanto, usai memperingati HUT ke-75 TNI, Senin (5/10).

“Ya, sekarang memang baru ada 4 Koramil di Mentawai. Koramil 01 di Sikabaluan, 02 di Siberut Selatan, 03 di Sipora Selatan, dan Koramil 04 Sikakap,” ungkap Letkol Czi Bagus kepada awak media, di Aula Makodim 0319 Mentawai.

Menurutnya, keberadaan 4 Koramil di wilayah Kodim 0319 Mentawai tersebut, tentunya akan berat untuk merangkap 10 kecamatan. Pasalnya, jarak antar kawasan terlebih pulau di Mentawai, membutuhkan waktu cukup lama untuk menempuhnya. “Kita sudah melaporkan kondisi ini kepada komandan kita di atas (Danrem 032 Wirabraja, Red),” ungkapnya.

BACA JUGA:  Longsor di Kabupaten Solok Melanda Sejumlah Nagari

Untuk itu, pihaknya mulai merumuskan agar Koramil tersedia di 10 kecamatan di Kepulauan Mentawai. Sehingga, perlindungan serta penjagaan atau pengawasan di Mentawai dapat berjalan lebih maksimal ke depannya. Terlebih sekarang jumlah penduduk Mentawai kian meningkat.

“Meningkatnya jumlah penduduk tentunya berdampak pada kegiatan sosial, ekonomi dan budaya yang kian berkembang di sini. Hal ini harus kita damping secara maksimal,” hemat Letkol Czi Bagus.

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pemkab Kepulauan Mentawai. Sebab, penambahan Kodim tentunya membutuhkan sarana dan prasarana pendukung bagi personel yang akan ditugaskan di sana.

“Nantinya, kita akan menempatkan putra terbaik Mentawai di Pos Koramil yang akan kita bentuk tersebut. Sehingga, pendampingan kepada masyarakat disertai pengayoman atau pembinaan maksimal di desa-desa di Mentawai,” pungkas Letkol Czi Bagus. (da.)

  • Bagikan