Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Kisi-kisi Soal Tes Panwascam, Dapatkan Lewat 6 Ujian di Situs Bawaslu Ini

Sumber: Situs Bawaslu RI.
2543 pembaca

Tes tertulis calon anggota panwaslu kecamatan (panwascam) dijadwalkan berlangsung 14-16 Oktober 2022. Bagi yang akan ikut tes ini, tentunya mencari kisi-kisi soal tes panwascam tersebut. Hal itu mungkin bisa diperoleh dari situs resmi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI. Bagaimana caranya?

Penerimaan panwascam selalu dilakukan jelang pemilu. Jadi, kisi-kisi soal tes panwascam tentunya sudah menjadi hal umum. Di antaranya peserta tes harus memahami seputar wawasan kepemilu, tugas dan kawajiban panwascam, dan pengerahuan tentang data daerah, seperti nama dan jumlah kecamatan, atau nama dan jumlah desa/nagari/kelurahan.

Untuk penguatas wawasan kepemiluan, sebenarnya Bawaslu RI telah menyediakan uji wawasan di situs resminya. Tes tersebut terbilang kaya akan sumber. Sehingga, calon peserta tes panwascam, bisa memperkaya diri lewat situs tersebut.

Dalam situs resmi Bawaslu RI tersebut, terdapat 6 kompetensi ujian. Untuk ujian pertama, terdapat 100 soal. Sedangkan ujian kompetensi wawasan kepemiluan kedua hingga keenam, masing-masing 50 soal. Format uji berupa pertanyaan dengan pilihan jawaban objektif.

Menariknya, setiap peserta yang mengikuti uji wawasan kepemiluan tersebut, bisa langsung melihat nilainya. Sehingga, peserta yang ikut uji itu dapat memastikan berapa soal yang berhasil dijawab secara benar.

Untuk mengikuti uji tersebut, peserta tidak perlu mendaftar ke situs resmi Bawaslu RI. Mereka cukup login email di browser yang digunakan untuk membuka situs tersebut. Sebab, soal uji wawasan kepemiluan itu bentuk formatnya sama persis dengan Google Forms.

Jadi, yang harus dipastikan peserta saat mengikuti ujian yaitu email terhubung, mengisi nama lengkap, memasukkan email, dan membuat nama instansi/lembaga peserta yang mengikuti uji tersebut. Berikut bentuk forms pengisiannya:

[su_custom_gallery source=”media: 20131″ link=”#” width=”500″ height=”491″]